Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Di tengah pandemi covid-19 saat ini, kebutuhan masker begitu tinggi. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Koperasi dan UKM, mencoba memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk membuat masker.

Hasilnya, sebanyak 50 ribu masker berhasil dibuat dan telah dibagikan ke masyarakat. Anggarannya menunggunakan dana covid-19 Buton.

Kadis Koperasi dan UKM Buton LM Muharram Foto Gustam–BaubauPost

“Jadi masker kita, dari dana covid, itu yang sudah kota gelontorkan dan sudah sebar ke masyarakat berjumlah 50 ribu lembar,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buton, LM Muharram.

Gagasan tersebut, kata Muharram, sudah diinisiasinya sejak awal kemunculan covid-19 beberapa bulan lalu. Tujuannya, agar pelaku UMKM di Buton mengambil peran dalam penanganan covid-19.

“Asumsi kita adalah kita memperkecil jarak dari sisi protokol kesehatan dengan pendekatan UMKM. Kan ada tiga di covid itu to, kesehatan, jaringan sosial dan pembedayaan ekonomi,” terangnya.

“Orang belum ada masker seperti itu (masker kain-red), kita sudah siapkan, dua tiga minggu sebelum puasa dulu, kita sudah bagi,” tambah Muharram.

Nanti setelah lebaran Idul Fitri kemarin, baru pembagiannya merata di tiap-tiap kecamatan. “Tapi yang kita bagi itu hari baru di ibukota (pasarwajo-red), nanti pada saat H-10 lebaran kemarin itu, baru kita sebar di seluruh kecamatan,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest