Kunker BKKBN RI di Kota Baubau

Laporan: Prasetyo M

BAUBAU.BP-Sebagai benteng terluas di dunia, benteng Keraton Buton selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap tamu yang berkunjung di Kota Baubau. Benteng yang merupakan kebanggaan masyarakat Buton pada umumnya dan masyarakat Baubau khususnya ini, selalu membuat kagum para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kunker BKKBN RI di Kota Baubau
Kunker BKKBN RI di Kota Baubau

Perasaan kagum tersebut juga di sampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI) Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo melalui sambutannya pada acara malam ramah tamah di pelataran rumah jabatan Wali Kota atas kunjungan kerjanya di Kota Baubau Rabu, 4/11/2020).

Hasto Wardoyo mengungkapkan, selain memiliki nilai Filosofi, Benteng Keraton juga merupakan karya leluhur yang memiliki nilai Budaya yang tinggi. Menurutnya, benteng Keraton merupakan cerminan serta bukti sejarah tentang keberadaan seorang pemimpin Agung. Sebab, mustahil terbangun sebuah benteng terluas di dunia kalau tidak ada sebuah pemerintahan dengan pemimpinnya yang agung.

“Sungguh mencerminkan bahwa di sini pernah ada pemimpin agung yang pernah berkuasa. Saya percaya, sultan Buton dari yang pertama hingga terakhir mereka memimpin dengan luar biasa. Karena benteng ini yang bikin bukan penjajah, tapi yang bikin adalah bangsa kita sendiri”, Ujarnya.

Hasto Wardoyo juga menilai, semua nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh para sultan di Buton pada dasarnya telah tertanam dalam DNA masyarakat Buton secara turun temurun. Ia juga menilai citra masyarakat Buton sangat baik serta memiliki kepribadian yang mencerminkan masyarakat berbudaya.

“Di mana saja saya ketemu dengan orang Buton citranya selalu positif. Maka saya menilai bahwa ini orang Buton dapat dipercaya. Masyarakatnya ramah dan juga tidak arogan, itulah yang saya rasakan selama saya merantau ke mana-mana. Dan hari ini yang kami rasakan lebih luar biasa”, imbuhnya.

Mantan Bupati Kulon Progo ini juga mengakui PO-5 yang selama ini telah disuarakan oleh Wali Kota Baubau mengandung nilai luhur yang tinggi yang patut diamalkan. Menurutnya, apa yang dicanangkan oleh Wali Kota tersebut merupakan peninggalan sultan yang diwariskan secara genetik kepada masyarakat Buton pada umumnya dan masyarakat Baubau khususnya.

“Mengamalkan apa yang disampaikan dan dicanangkan oleh Wali Kota itu sangat penting sekali. Dan apa yang disampaikan pak Wali Kota sebagai nilai luhur, tentu Sultan di Buton pada masa itu sungguh telah menanamkan nilai-nilai luhur secara genetik kepada kita semua”, pungkasnya.

Sementara itu Wali Kota Baubau Dr. H AS Tamrin, MH. berharap, kedatangan kepala BKKBN RI tersebut dapat menjadi semangat baru bagi kota Baubau dalam program masyarakat berkualitas. Pasalnya, program tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan visi misi Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Hasto Wardoyo yang telah berkenan untuk bertandang di Baubau. Harapan saya dengan kedatangan pak Hasto Wardoyo ini dapat menjadi satu motivasi, Suport yang akan berimbas pada semangat kita dalam mewujudkan visi misi Baubau”, ungkapnya.

BACA JUGA: Sosialisasi Jadi Upaya BKKBN Baubau Waspadai ‘Baby Boom’

Wali Kota dua periode ini juga menjelaskan, dalam melaksanakan program-program pemerintah, pihaknya telah membagi program tersebut sesuai dengan tupoksi masing-masing instansi. Ia juga mengaku, dalam menjalankan tupoksi tersebut koordinasi lintas sektoral selalu diutamakan sebagai upaya singkronisasi program.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest