Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse ketika mengikut virtual Pemulihan Ekonomi

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemik Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mendorong percepatan penyaluran anggaran. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse usai mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2020 secara Virtual di ruang kerjanya, Kamis, (22/10).

 Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse ketika mengikut virtual Pemulihan Ekonomi
Berupaya Ikut Naikan Inflasi Secara Nasional, Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse ketika mengikut virtual Pemulihan Ekonomi

Monianse mengungkapkan dimasa pandemik Covid-19, inflasi secara nasional per September 2020 menurun hingga dititik 1,4 persen yang seharusnya berada pada titik antara 2 dan 4 persen. Menyikapi hal ini, pihaknya untuk di Kota Baubau akan berupaya untuk membantu menekan penurunan inflasi tersebut dengan mendorong peningkatan serapan anggaran. Karena upaya tersebut dinilai dapat menjaga dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Kita harus mempercepat realisasi anggaran yang bersifat langsung dirasakan oleh masyarakat. Misalnya, bantuan-bantuan yang bersumber dari APBN dan APBD, proyek-proyek serta belanja-belanja modal yang sudah di anggarkan dan sudah diangendakan”, ujarnya. sebagaimana dirilis Kominfo Baubau

Orang nomor dua di kota Baubau ini menambahkan, untuk serapan anggaran diseluruh Indonesia baru mencapai 50 persen tahun ini. Sementara tenggang waktu penggunaan anggaran tinggal dua bulan lebih. Untuk itu, diharapkan agar tenggang waktu ini dapat dipergunakan dengan maksimal dalam meningkatkan daya serap anggaran.

Dalam rapat virtual tersebut ungkap Monianse, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap agar seluruh daerah untuk lebih aktif dalam mempercepat serapan anggarannya. Karena serapan anggaran inilah yang bisa menstimulasi ekonomi daerah. “Selain mempercepat serapan anggaran, kita juga akan terus memotivasi para petani kita untuk menjaga dan meningkatkan pangan di daerah kita”, imbuhnya.

Lebih lanjut Monianse menjelaskan, Pemkot Baubau akan meningkatkan kerja sama dengan daerah-daerah lain untuk menjaga kebutuhan dan kestabilan pangan. “Utamanya kalau kita di kawasan Sulawesi Tenggara ini kita bisa lihat, kalau di Kabupaten tertentu ikannya melimpah bisa disuplai di Baubau begitu juga sebaliknya”, pungkasnya.

BACA JUGA: Wawali Monianse Harap Masata Baubau Dukung Sapta Pesona Pariwisata

Sementara itu, dalam rapat Virtual tersebut turut hadir pelaksana Sekda Kota Baubau Dra. Asmahani, M.Si., Kadis Ketahanan Pangan Kota Baubau Ir. Wa Ode Muhiba, Kabag Protokoler Setda Kota Baubau Eko Pronajaya, S.Pt. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest