Laporan: Gamal Bapal

JABAR, BP-– Anak sopir angkot menjadi lulusan terbaik Polri Jawa Barat. Diketahui jika anak sopir angkot itu bernama Andi Sonjaya. Rasa bahagia dirasakannya usai dilantik menjadi Bintara Polri pada Kamis, 7 Juli 2022 kemarin.

Pria kelahiran Bandung, 14 Agustus 2001 itu menjadi peserta didik terbaik karena menjadi lulusan dengan nilai tertinggi dari aspek kesehatan dan kesamaptaan jasmani, serta peringkat tertinggi dari aspek penggabungan nilai aspek akademis, mental kepribadian, dan kesamaptaan. Pelantikan dihadiri sang ayah.

Berkat dukungan dari sang ayah, serta usaha Andi, ia berhasil membanggakan orang tuanya. “Terimakasih kepada bapak Kapolda. Kepada bapak SPN Polda Jawa Barat bersama rekan-rekannya. Kami ini orang tua Andi sopir angkot jurusan Cadas-Elang. Kami ini merasa bangga sekali, ternyata anak sopir angkot juga bisa jadi polisi pangkat brigadir,”kata Udin, ayah dari Andi di sela upacara pelantikan dikutip kanal YouTube Polisi Jawa Barat.

Udin mengatakan, meskipun ia hanya sopir angkot yang juga tak menuntaskan sekolah dasar, namun ia bangga bisa mengantar anaknya menjadi polisi yang bisa membanggakan keluarga besarnya.

“Alhamdulillah saya nggak tamat SD, tidak mungkin jadi sopir angkot kalau saya sekolahnya tinggi. Tapi alhamdulillah anak saya sekarang jadi polisi,” kata Udin.

Udin mengatakan jika Andi sebagai anak bungsu, juga merupakan anaknya yang paling saleh. Terlebih selama ibunya sakit sampai akhirnya meninggal dunia, sosok Andi ini yang telaten mengurusnya.

“Anak saya ada 8, maklum sopir angkot. Andi ini yang paling saleh, ibunya sudah meninggal. Selama sakit, Andi yang urus. Mungkin ini amal baik anak kami sampai akhirnya bisa jadi polisi,” ujar Udin.

Udin berpesan kepada Andi, yang bakal ditempatkan di Polrestabes Bandung, untuk menjadi polisi yang baik dan tak memikirkan diri sendiri. “Sebagai orang tua, saya berpesan Andi jadi polisi yang baik, berpihak pada masyarakat. Apalagi kita ini orang muslim,” tutur Udin.

Pesan lain yang disampaikan Udin adalah agar anaknya tak memperkaya diri sendiri setelah menjadi seorang polisi. Sebab menjadi polisi merupakan pengabdian kepada masyarakat.

“Jangan memperkaya diri sendiri. Kalau mau kaya jangan jadi polisi, tapi jadi pengusaha saja,” kata Udin.

Viral di media sosial Video momen haru tersebut diunggah di kanal YouTube Polisi Jawa Barat kemarin. Hingga akhirnya momen tersebut viral di media sosial. Diketahui jika ayah Andi seorang sopir angkutan kota (angkot) di Kota Bandung, jurusan Cicadas-Elang.

Milenial Karena kegigihan sang ayah yang berhasil membesarkan dan mendidik anaknya, warganet kagum. Seperti yang dikutip dari Instagram @adalahkabbandung, banyak netizen yang terharu. “Bapaknya bangga banget berhasil ngedidik anaknya,”komentar netizen di akun Instagram tersebut.

baca juga: Tanggal 1 Juli 2022, Lima Golongan Tarif Listrik Resmi Naik, Simak Golongan Mana saja?

“Salut sama anaknya semoga walaupun udah jadi polisi ingat pengorbanan bapakmu mas jangan melupakan bapak mu. Sehat selalu panjang umur pak,”komentar yang lain. “Mengandung bawang sekilo, masyaallah,”komentar netizen di postingan lainnya. “Allhamdulillah mantap, terharu,”komentar lainnya. (**)