Laporan: Ardi Toris

BANDUNG, BP-Biro Administrasi Pimpinan & Biro Umum Setda Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan Surat Perintah Tugas nomor 094/3959 tanggal 7 September 2021 melaksanakan Studi Komperatif Biro Administrasi Pimpinan dan Biro Umum Sekretariat pada Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat.


Secara serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengutus pejabat eselon III dan IV pada Biro Umum & Biro Adm Pimpinan sebanyak 9 (sembilan) orang ditambah beberpa pejabat fungsional yang diikutkan guna menunjang kegiatan studi komperatif tersebut dengan tujuan agar TUpoksi kedua biro tersebut dapat lebih dipahami masing-masing pejabatnya serta memahaminya perannya pada pelayanan administrasi pimpinan yaitu Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda, paling tidak mendapatkan informasi pada pemerintahan Provinsi Jawa Barat.
Dalam pertemuan tersebut masing-masing pihak saling memberikan informasi dan pertanyaan-pertanyaan seputar layanan administrasi pimpinan bahkan sampai mekanisme pembiayaan dan penganggarannya.
Terkait tusi Kominfo perihal publikasi yang perannya mebackup tugas Biro Administrasi pimpinan pada publikasi kegiatan-kegiatan pembangunan pemerintah provinsi di Sulawesi Tenggara ada beberapa sisi proses yang berbeda, yaitu data baku yang didapatkan dari informasi kegiatan yang kemudian dijadikan release untuk komsumsi publik seyogyanya biro administrasi pimpinan menggodok terlebih dahulu dengan proses pencocokan data dan fakta kemudian layak di publish. Nah, disinilah garis koordinasi antara kominfo berkolaborasi dengan biro administrasi pimpinan, kata Moh. Lukmanul Hakim kabag. Materi dan Komunikasi Pimpinan.
Selain itu, garis koordinasi dan hubungan hirarki antara Kominfo dan Biro Administrasi Pimpinan, yaitu dalam pendayagunaan aplikasi persuratan khusus pada Biro Adpim berbasis elektronik. Bila di Jawa Barat kami menggunakan aplikasi yang disiapkan kominfo dan dipakai pertama kali pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, dan sampai saat ini seluruh OPD telah menggunakannya, kata Mas Adi Komar – Kabag. Protokol

baca juga: Tim Terpadu Pemprov Pantau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Tiga Kawasan Tambang Kolaka
Pada akhir studi komperatif, antara biro adpim Sultra dan Jawa Barat saling bertukar cendramata. Agusalim sebagai Kabag. TU & Umum Setda Prov. Sultra memberikan cendramata miniatur Tugu Persatuan dan sebuah buku dengan judul “SULTRA DALAM PIKIRAN ALI MAZI” dan Mas Adi Komar kabag. Protokoler Pemprov. Jabar memberikan cendramata miniatur kecapi sebagai alat music tradisional Jawa Barat .(*)