Peliput: Arianto W

BUTON, BP- Terkuak alasan mengapa jadwal pendaftaran CPNS/PPPK Tahun 2021 diundur. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Awaluddin angkat bicara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, secara teknis formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK kini telah diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buton Awaluddin

Dan benar saja, hal ini tentunya berimbas pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Maka tak heran jika jadwal pendaftaran CPNS pun ikut ditunda. Sebab, pihak Kemendikbud harus mempersiapkan segala pemenuhamnya secara optimal agar pelaksanaan CPNS dan PPPK dapat berjalan baik dan kondusif, terlebih disituasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk PPPK itu kepanitiaannya dari Kemendikbud, jadi mungkin ditunda ini karena lagi mempersiapkan segala pemenuhannya,” ungkap Awaluddin, Selasa (01/06).

Lantas mengenai teknis PPPK, kata Awaluddin, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk resmi dari Pemerintah Pusat.

“Kita tidak bisa memberikan keterangan masalah PPPK. Dan kita tidak tahu nanti apakah yang ditunjuk itu sekolah atau Dinas Pendidikan sebagai panitia daerah,” jelasnya.

“Belum ada petunjuk teknisnya, tapi yang jelas BKD siap mendukung,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, mengingat kepanitiaan PPPK kini telah ditangani oleh Kemendikbud maka dipastikan jadwal ujian seleksinya akan diselenggarakan berbeda dengan seleksi CPNS.

“Kalau pelaksanaan tesnya mungkin beda, tapi kalau untuk pendaftarannya sama,” ujarnya.

Awaluddin menambahkan, penundaan jadwal pendaftaran CPNS/PPPK tidak sampai melompat ke bulan Juli. Artinya, meski jadwalnya diundur namun tidak akan lama.

baca juga: Minimalisir Angka Kriminalitas, Polsek Pasarwajo Intens Operasi Miras

“Jadwal kemarin itu kan tanggal 30, 31 untuk pengumuman. Jadi saya kira nda akan jauh itu, tidak akan sampai bulan depan,” tandasnya. (*)

Pin It on Pinterest