BATAUGA,BP-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Buton Selatan (Busel) telah mengusulkan mperekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2020.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buton Selatan La Ode Firman Hamzah mengatakan, usulan terbanyak pada formasi guru, dan tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

“Iya sementara dalam proses pengusulan melalui e-formasi,” kata Firman Hamzah belum lama ini.

Ditanya soal berapa jumlah kebutuhan kekurangan CPNS Busel, kata Firman, belum diketahui secara detail. Termasuk jumlah kouta pasti masing-masing formasi usulan yang akan diterima Busel, pasalnya penentuannya merupakan kewenangan pusat melalui keputusan KemenPAN RB.

Lanjutnya, usulan perekrutan CPNS 2020, didasari analisis beban kerja (ABK), analisis jabatan (ANJAB) dan Peta Jabatan.

Kata dia, proses pengusulan perekrutan tersebut akan memakan waktu, dan ada perpanjangan waktu pembaharuan data e-formasi. Ini berdasarkan surat edaran Kemenpan RB RI nomor : b/307/SM. 01. 00/2020, serta merujuk pada surat edaran Menteri PANRB nomor 384 tahun 2019, tentang langkah strategis, konkret penyerdehanaan birokrasi, memperhatikan usulan dari beberapa Kementrian /lembaga dan pemerintah daerah yang meminta perpanjangan batas waktu pembaharuan data e-formasi.

Pasalnya terdapat Kementrian/lembaga dan pemerintah daerah yang sampai saat ini belum menyelesaikan penataan kelembagaan dan organisasi (SOTK).

“Saat ini sedang dilakukan proses perbaikan peta jabatan karena adanya kebijakan penyederhanaan birokrasi. Tak hanya itu dalam surat tersebut disebutkan Kementerian PANRB sedang melakukan pemutakhiran aplikasi e-formasi dari versi 4.0 ke 4.1,” kata Firman.

Ia menambahkan, sehubungan dengan itu, pengusulan kebutuhan ASN tahun 2020 dan 2021 yang semula sampai dengan akhir Maret 2020 diperpanjang sampai dengan akhir Mei 2020.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest