Peliput:Alyakin

PASARWAJO, BP – Blangko untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton telah habis. Pasalnya, stok blangko dari pusat juga masih minus.
Demikian diungkapkan Kabid Disdukcapil Kabupaten Buton, Karim, ketika ditemui Baubau Post di ruang kerjanya Senin (21/11). Dikatakan, Blangko untuk pembuatan KTP-el telah habis sejak bulan Oktober.
“Jadi untuk stok dari pusat telah habis dan diprediksi tahun depan baru ada,” ucapnya
Kata dia, blangko yang dikirim dari pusat tergantung permintaan atau kebutuhan daerah, sedangkan di Kabupaten Buton setiap triwulan mendapatkan 2000 hingga 3000 stok blangko.
“Kementerian sudah mendata untuk kebutuhan daerah dan itu sudah secara otomatis karena sudah terprogram secara nasiaonal,” akunya.
Pihaknya menambahkan, untuk mengatasi tidak adanya blangko KTP-el, masyarakat sementara akan dibuatkan KTP Sementara dengan jangka waktu enam bulan, dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.
“Masyarakat yang datang dan sudah merekam datanya akan dibuatkan KTP Sementara setelah blangkonya sudah dikirim dari pusat baru dicetakan KTP-el,” tutupnya. (*)