Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun ini di Kabupaten Buton, tepatnya di Ruang Rapat Kantor Bupati Buton, Jumat (26/06).

Kepala BNN Baubau Alamsyah Djufri menjelaskan peringatan HANI tiap tahunnya dilakukan bergilir di lima wilayah kerja BNN Baubau, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton Selatan, Buton, Buton Tengah, dan Wakatobi.

“Kita di BNN Baubau punya lima wilayah kerja, di Baubau induk, Kabupaten Buton, Wakatobi, Buton Tengah, dan Buton Selatan. Peringatan HANI ini, tahun 2018 lalu kita adakan di Kota Baubau, 2019 di Kabupaten Buton Selatan, dan Kabupaten Buton tahun ini,” ujarnya.

Peringatan HANI di Buton dihadiri langsung Bupati Buton La Bakry Foto Gustam BaubauPost

Kepada Baubau Post Alamsyah menyebut pihaknya sengaja menggelar acara peringatan HANI tiap tahunnya. Tujuannya untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat, bahwa BNN adalah sarana tempat masyarakat mengaduh jika menemukan penyalahgunaan Narkoba.

“Kita sengaja buat seperti ini supaya masyarakat tahu bahwa ada tempat mengadu ketika ada penyalahgunaan Narkotika,” terangnya.

Kegiatan dengan tema Hidup 100 persen Hidup di era New Normal, Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba itu, digelar dengan menggunakan protokol kesehatan.

Setiap peserta yang masuk dilakukan pengukuran suhu tubuh, memakai masker dan sanitizer. Kursi duduknya pun diatur dengan jarak sesuai protokol kesehatan.

Bupati Buton La Bakry mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Buton turut mengucapkan selamat HANI. “Mudah-mudahan dengan peringatan hari anti narkoba ini kesadaran kolektif kepada semua anak negeri untuk tidak mencoba-coba mendekati Narkoba,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton itu meminta masyarakat untuk tidak mencoba-coba barang haram tersebut. “Jadi diperlukan kesadaran masyarakat dan generasi muda,” tegas La Bakry.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Sekretaris Daerah (Sekda) Buton La Ode Zilfar Djafar, Ketua DPRD Buton Hariasi Salad, Kapolres Buton AKBP Adi Benny Cahyono, aparat TNI, beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Buton. (*)

Pin It on Pinterest