Peliput: Prasetio M

BAUBAU, tribunbuton.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menyatakan siap siaga mengatasi cuaca buruk awal tahun 2018 yang diprediksi akan melanda Kota Baubau, berdasarkan prakiraan BMKG.

Kepala BPBD Kota Baubau Muslimin Hibali kepada Baubau Post akhir pekan lalu mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi, serta persiapan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya cuaca buruk di Kota Baubau.

Salah satu langkah yang dilakukan, dengan merekrut relawan yang akan siap terjun ke lapangan, jika terjadi hal yang tidak di inginkan akibat bencana alam.

“Kita sudah merekrut 35 orang relawan yang standby di kantor BPBD,” katanya.

Lanjut Muslimin, relawan-relawan direkrut dari tiap Kecamatan yang ada di Kota Baubau, yang wajib juga memberikan informasi potensi bencana yang ada di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, kata Muslimin, pihaknya juga berharap para relawan yang telah direkrut oleh BPBD Kota Baubau mampu memberikan bantuan jika terjadi bencana di lapangan.

“Kita ambil relawan yang muda-muda, dan ada juga relawan dari unsur mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu untuk prasarana, pihaknya telah menyiapkan perahu karet, makanan dan pakaian, yang juga telah siap disalurkan kepada masyarakat, bila dibutuhkan nantinya. (*)

Pin It on Pinterest