BAUBAU, BP- Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kota Baubau, rawan akan terjadi bencana seperti banjir maupun tanah longsor. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menyiapkan para relawannya untuk mengantisipasi bencana alam tersebut.

Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali mengatakan, para relawan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) selalu siap di Kantor BPBD Kota Baubau. Jika ada panggilan terkait bencana, pihaknya sudah siap.

“Kalau untuk menghadapi musim hujan ini kami memang di kantor BPBD itu sudah siap utamanya keberadaan relawan yang kami rekrut. Mereka sehari-harinya hadir di BPBD dan itu ada honornya, namun tidak terlalu besar,” katanya ditemui belum lama ini.

Lanjutnya, para anggota satgas ini tidak hadir semua sekaligus, namun menggunakan sistem sif. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya transportasi para anggota Satgas.

“Mereka kita gilir dalam satu minggu itu hanya ada dua kali datang setiap orang, mereka memakai sif karena kita pikir juga transpotasinya kalau setiap hari ke kantor bisa habis,” ungkapnya.

Namun anggota Satgas atau relawan yang tidak kena waktu sifnya, harus tetap standby di rumahnya. Ponselnya harus selalu aktif, karena jika terjadi keadaan darurat dapat langsung dihubungi agar langsung ke lokasi bencana.

“Jangan dimatikan HPnya, jangan sampai tiba-tiba ada informasi bencana yang dikirimkan lewat grup, untuk bergabung di mana titik bencananya,” pungkasnya. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest