Peliput : Amirul

Batauga, BP-Badan Penanggulangan Bencana Daerahb (BPBD) Buton Selatan mengimbau masyarakat mewaspadai fenomena alam La Nina yang dapat mengakibatkan bencana.

Kalaksa BPBD Busel Zamaluddin mengatakan sesuai informasi dari BMKG fenomena La Nina akan terjadi hingga Maret tahun ini.

Kalaksa BPBD Buton Selatan, Zamaluddi

“Kejadian puting beliung di Desa Bahari beberapa waktu lalu yang mengakibat beberapa fasilitas umum dan rumah warga rusak merupakan imbas dari fenomena La Nina,” ucap Zamaluddin

Kata dia fenomena La Nina akan meningkatkan curah hujan dan memicu bencana, seperti longsor, banjir, gelombang pasang, angin kencang atau puting beliung.

Titik lokasi rawan bencana banjir berada di Kecamatan Batauga, dan di kecamatan Sampolawa rawan tanah longsor. Sementara rawan bencana puting beliung hampir merataa di seluruh wilayah Busel apalagi wilayah bagian kepulauannya.

Meskipun fenomena La Nina masih akan terjadi, masyarakat diminta tidak perlu panik tetapi tetap waspada.

Buton Selatan yang sebagian masyarakatnya ada nelayan yang kesehariannya menangkap ikan dilaut, untuk tetap waspada. Memilih waktu yang telat melaut dengan melihat kondisi alam dan tidak memaksakan kehendak jika curah hujan lebat disertai angin ekstrim dan gembang tinggi.

“Masyarakat agar selalu tetap waspada jika ada potensi terjadinya bencana, tapi tidak usah panik. Jika ada gejala-gejala alam terjadinya bencana lakukan tindakan preventif,” katanya

baca juga: Dua Puskesmas di Busel Bakal Resmikan

Dia menambahkan, pihaknya akan terus memberikan informasi kepada masyarakat melalui posko-posko yang tersebar di beberapa wilayah di Busel. (*)

Comments are closed.