Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse berharap, agar dengan diselenggarakannya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), akan mampu melahirkan bibit-bibit baru yang lebih unggul di Kota Baubau.


Hal tersebut disampaikan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat membuka dengan resmi penyelenggaraan POPDA tingkat Kota Baubau, antar SMA/SMK/MA dan SMP/MTs sederajat Se Kota Baubau Tahun 2022 di Lapangan Bola Basket Kotamara, Jumat (25/2/2022).
La Ode Ahmad Monianse menekankan, agar POPDA yang diselenggarakan tersebut, bukan hanya sekedar menggugurkan program kedinasan yang sudah direncanakan. Namun lebih dari itu, agar benar-benar dapat dilaksanakan secara optimalkan dengan sedemikian rupa.
“Sehingga hasilnya adalah lahirnya bibit-bibit baru yang lebih unggul di Kota ini, yang akan memperkuat tim olahraga di masing-masing cabang, untuk bisa membawa nama baik daerah kita, dan membawa bendera daerah kita pada tiang tertinggi di setiap turnamen,” harap La Ode Ahmad Monianse.
Orang nomor satu di Kota Baubau ini juga berpesan, agar para pembina olahraga dapat terus memberikan penguatan kepada para pemain/atletnya, untuk selalu mencintai daerahnya. Baik pembina olahraga di sekolah-sekolah, maupun pembina klub-klub yang ada di Kota Baubau.
“Supaya mereka tidak tergiur untuk menjadi pemain di daerah lain, karena saat ini tidak sedikit adanya jual beli atlet dengan berbagai macam iming-iming yang diberikan. Kita sudah membinanya dari bawah untuk memperkuat olahraga di daerah kita, kemudian potensinya dimanfaatkan oleh daerah lain,” tukasnya.
Untuk itu La Ode Ahmad Monianse meminta, agar para pembina Cabang olahraga (Cabor) ataupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Baubau, untuk membuat regulasi sebaik mungkin. Hal ini dimaksudkan, agar para pemain/atlet yang telah dibina, benar-benar maksimal untuk kebanggaan dan kejayaan Kota Baubau
La Ode Ahmad Monianse juga berharap, agar POPDA yang diselenggarakan tersebut sekaligus dapat menjadi ajang sosialisasi, untuk Cabor yang tidak lagi diminati oleh generasi muda Kota Baubau. Di mana, dalam ajang tersebut ada empat Cabor yang dipertandingkan, yaitu Sepak Takraw, Pencak Silat, Bulu Tangkis, dan Bola Basket.

baca juga: Saad Archery Gelar Kejuaraan Panahan Usia Dini
“Atas nama pemerintah saya memberikan apresiasi kepada rekan-rekan dari Dinas Pemuda dan Olahraga, yang hari ini bisa menyelenggarakan turnamen meski dalam situasi pandemi Covid-19 dengan varian baru Omnicron. Untuk itu saya minta agar kita semua tetap disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan,” tutup La Ode Ahmad Monianse.(***)