Peliput: Alamsyah Pradipta Editor: Zaman Adha

PASARWAJO, BP – Bukit Tumado yang terletak didesa Tumado Kecamatan Kapuntori memiliki keindahan alam yang memikat. Pasalnya bukit Tumado ini terletak berdekatan dengan Gunung Renjani.
Bukit ini memiliki tempat persinggahan bagi pelancong yang cukup menarik untuk di kunjungi. Selain itu, juga menawarkan jajanan dan minuman yang dijajakan di warung-warung sekitat bukit.
Salah satu pengunjung Bukit Tumado asal Kota Baubau Enda mengatakan, lelahnya terbayar sudah semenjak menginjakan kakinya langsung dibukit tersebut. Karena menurutnya Bukit Tomado menawarkan keindahan pegunungan dan hamparan pemandangan yang indah.
“Capek jadi hilang, padahal perjalanan jauh sekali berjam-jam tapi bisa terbayar dengan indahnya pemandangan ini,” ungkapnya.
Enda mengatakan Bukit tersebut merupakan tempat peristirahatan pelancong yang hendak inggin melanjutkan perjalanannya ke Gunung Renjani maupun langsung mau ke Kota Kendari.
“Ini tempat singgah, kalau mau ke gunung renjani atau ke Kendari biasanya orang singgah disini,” tuturnya.
Salah satu pengunjung lain Uca mengatakan, dirinya baru pertama kali ke Bukit Tumado dan biasanya mendengar keindahan gunung tersebut dari teman temanya, dan akhirnya ia bisa menginjak tempat tersbut tanpa sekedar mendengar cerita.
“Baru satu kali saya kesini, teman-teman sering bicarakan gunung ini, karena baru ada waktu akhirnya bisa kesini juga,” ungkapnya.
Meski harus menempuh perjalanan yang jauh, namun Uca mengaku sangat puas dengan panorama keindahan yang terbentang luas dan hamparan pohon kelapa yang tersusun rapi di hadapannya.
“Pasti saya datang lagi kesini kalau ada waktu luang,” tutupnya.(#)