Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Stok beras di gudang Bulog, awal tahun 2017 ini masih terbilang aman Pasalnya, jumlah yang tersedia msih cukup banyak mencapai ribuan ton, baik beras PSO maupun beras premium.
“Stok beras sampai saat ini masih aman, sekitar 972 ton untuk beras PSO yang sering dipakai saat operasi pasar, ada juga beras komersil (premium) itu yang di pakai untuk mengstabilkan harga, itu sekitar 460 ton di gudang,” ungkap Bahar Haruna, Selasa (03/01)
Sedangkan untuk stok beras medium (raskin) tahun 2017 ini, masih sekitar 972 ton, dan jika disalurkan untuk dalam Kota Baubau, stok tersebut masih bisa hingga sembilan bulan kedepannya. Sebab penyaluran raskin dalam Kota Baubau, mencapai 101 ton per bulannya.
“Stok yang ada digudang masih sekitar 972 ton, berarti masih ada stok selama sembilan bulan kedepan,” ungkapnya.
Lanjutnya, untuk stok beras raskin, tidak hanya di salurkan dalam Kota Baubau saja, tetapi juga disalurkan di luar kota, seperti Buton Selatan, Buton Tengah, dan Pasarwajo. Setelah di kalkulasi, stok beras raskin jika disalurkan dalam dan luar Kota Baubau, itu masih bisa hingga dua bulan kedepannya.
“Disini kita juga melayani Buton Selatan, Buton Tengah, dan Pasarwajo, jika di kalkulasikan masih ada stok hingga sampai dua bulan kedepannya,” katanya.
Rencananya di akhir bulan ini, Bulog akan menambah stok beras lagi, untuk mencukupi kebutuhan beberapa bulan kedepan. (#)