Peliput : Amirul
BATAUGA,BP-Betapa pentingnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan pariwisata.

Sebuah obyek wisata akan terus berkembang jika pengunjung merasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah. Suasana seperti itu akan dapat diciptakan oleh masyarakat setempat.

Bupati Buton Selatan H La Ode Arusanj saat memberikan sambutan pada pelantikan Pokdarwis

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan selalu mendorong terbentuknya gerakan sadar wisata. Hal itu agar disektor pariwisata di Buton Selatan dan diminati oleh banyak wisatawan.

Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani kembali melantik sejumlah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sejumlah desa
Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sejumlah desa beberapa waktu lalu.

Penyelenggaraannya Bupati Busel langsung melakukan pelantikan dimasing-masing desa. Diantaranya diantaranya Pokdarwis Lawela Selatan di Kabura-burana. Pokdarwis Lampanairi di Pantai Jodoh, Pokdarwis Watiginanda di kolam permandian watiginanda dan Pokdarwis Wawoangi di jembatan lingkar Wawoangi.

Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan sejumlah pengurus Pokdarwis ikut dalam kegiatan tersebut.

Bupati Busel La Ode Arusanj mengatakan pembentukan Pokdarwis adalah langkah pemerintah sebagai upaya percepatan pengembangan pariwisata di Buton Selatan. Pelibatan pemuda dalam pembangunan daerah dianggap langkah yang tepat dan efektif.

“Mereka disiapkan sebagai ujung tombak pembangunan dan pengembangan pariwisata, sementara pemerintah hanya sebagai fasilitator,” tuturnya.

Ia menambahkannya, para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis tersebut, tentu memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi. Sehingga diharapkan dapat memberi dapat yang positif bagi masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung di objek wisata di Busel.

baca juga: Seleksi CASN Busel, Peserta Wajib Kantongi Swab PCR

“Kita berharap sejumlah pemuda yang telah diberi wadah melalui Pokdarwis dapat berinovasi dapat memberikan sumbangsi kepada daerah melalui sektor pariwisata kita,” tukasnya.(*)

One thought on “Bupati Busel Arusani : Pokdarwis Ujung Tombak Pariwisata”

Comments are closed.