Peliput : Amirul
Batauga,BP-Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani membuka Forum Perangkat Daerah didampingi Sekda Buton Selatan La Ode Budiman yang digelar di Gedung Lamaindo, Selasa (8/3)
Forum tersebut diikuti seluruh OPD Lingkup Pemkab Busel. Bupati Busel La Ode Arusani mengatakan forum ini merupakan salah satu tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Selatan Tahun 2023

Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani saat memberikan sambutan di Forum Perangkat Daera

Hal ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tentang tata tara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.
“Forum OPD ini dimaksudkan untuk sinkronisasi usulan hasil musrenbang kecamatan termasuk hasil Reses DPRD berupa pokok-pokok pikiran dan rancangan Kerja Perangkat Daerah guna mendukung akselerasi pembangunan yang aspiratif dan simultan,” ucapnya.

Selain itu mengingat saat ini dinamika dan tantangan pembangunan cukup kompleks, akibat Covid-19, hal inipun menjadi tantangan bagi pemerintah daerah, untuk lebih berinovasi meningkatkan kinerja pembangunan di Kabupaten Buton Selatan.
“Maka dibutuhkan pemikiran dan pemahaman yang paripurna dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor,” ttuturnya.
Ia menambahkan, semakin baik forum OPD ini dilaksanakan maka akan berimplikasi positif pada sinkronisasi, sinergitas dan integrasi pembangunan di Kabupaten Buton Selatan sesuai dengan Rancangan Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Buton selatan Tahun 2023-2026 Rancangan Rencana Strategis Perangkat Daerah.

baca juga: Sekda Busel Minta ASN Tingkatkan Disiplin dan Profesional

“Kami sangat berharap semoga hasil Forum OPD Buton Selatan ini menghasilkan kesepakatan bersama terhadap rencana program kegiatan yang terukur dan berbasis pada kesejahteraan masyarakat,” tukasnya. (*)