Peliput : Amirul

Batauaga, BP-Bupati Kabupaten Buton Selatan H. La Ode Arusani melantik La Ode Budiman SKM, MSi. Pelantikan sumpah/jabatan Pimpinan Tinggi Pratama eleson II A digelar di Gedung Wisata, Batauaga, Senin (21/2) pukul 16.00 WITA.

Suasana Pelantikan Sekda Defenitif La Ode Budiman SKM, MSi oleh Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani

Sejumlah Forkompinda lingkup Pemkab Buton Selatan turut hadir menyaksikan gelaran pelantikan Sekda Defenitif

Penunjukan Kepala Dinas Kesehatan itu telah melalui proses Lelang Jabatan yang dilakukan Panita Seleksi Calon Sekretaris Daerah beberapa waktu lalu. La Ode Budiman dipilih Bupati diantara tiga nama lainnya.

Bupati H La Ode Arusani mengatakan dengan dilantiknya Sekda definitif dapat menyempurnakan roda pemerintahan di Pemkab Busel. Sebelumnya Sekda definitif telah pensiun diakhir Desember 2021 lalu, Kemudian diisi oleh Penjabat Sekda dan setelah melalui proses panjang seleksi akhirnya La Ode Budiman ditetapkan sebagai Sekda baru.

“Ini merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi terbuka uji potensi dan kompetensi calon Sekda yang digelar oleh panitia seleksi. Dimana, dari sejumlah nama yang mengikuti seleksi melahirkan tiga nama untuk kemudian ditetapkan satu nama untuk diusulkan mendapat rekomendasi,” tuturnya

Kata dia, proses pengisian jabatan Sekda Busel oleh pihaknya merujuk pada undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan termuat didalmnya tentang pengisian jabatan tinggi Pratama termasuk Sekda yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif.

” Saya berharap secepatnya Sekda yang baru dilantik agar beradaptasi dengan kondisi jabatan yang baru ini. Karena Jabatan Sekdai merupakan jabatan yang strategis membawahi semua OPD,’ ucapnya

Masa jabatan Bupati Bupati sisa tiga bulan kedepannya, selepas itu akan diisi oleh PJ Bupati, Ia berharap agar Sekda yang dilantik harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan PJ Bupati agar daerah ini akan maju dan berdaya saing serta sejajar dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju.

baca juga: Cuaca Buruk Melanda Baubau dan Busel, Air Laut Naik Sampai ke Jalan, Tower di Pantai Kamali Tumbang

“Bulan 5 tanggal 23 masa jabatan saya berakhir, dan akan diisi oleh PJ Bupati, Sekda harus berkomunikasi dengan baik, jaga daerah ini agar terus maju, berkembang sehingga dapat mensejahterakan masyarakatnya serta sejajar dengan daerah maju lainnya, ” tutupnya (*)