Laporan: Hengky TA

Bupati Buton Tengah H Samahuddin SE memberikan dukungan dalam kegiatan Pendataan Potensi Desa/Kelurahan 2021 yang akan diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton mulai tanggal 2 sampai 30 Juni 2021.

Pendataan Potensi Desa (Podes) merupakan pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Bupati Buton Tengah H Samahuddin ketika menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke 49

Pendataan ini mendahului kegiatan Sensus yang dilakukan oleh BPS, seperti pada Podes tahun 2021 ini dilaksanakan 2 tahun menjelang Sensus Pertanian 2023. Kemudian, pada tahun-tahun yang tidak dilaksanakan Podes, dilaksanakan kegiatan pemutakhiran data perkembangan desa (updating podes) seperti pada tahun 2019 dan 2020.

Hal ini dilakukan guna mendukung penyediaan Indeks Kesulitan Geografis (IKG), yang digunakan sebagai salah satu variabel alokator Dana Desa setiap tahunnya.

Pendataan Podes ini sangat penting dilaksanakan karena merupakan satu-satunya sumber data berbasis kewilayahan yang mencakup seluruh wilayah administrasi terkecil setingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota.

Selain itu, Podes juga digunakan banyak pihak untuk perencanaan pembangunan seperti Bappenas (Indeks Desa untuk mengetahui perkembangan desa) atau Kemenkeu (Indeks Kesulitan Geografis/IKG sebagai salah satu alokator dana desa). Kemudian, Podes juga menyediakan data potensi sosial ekonomi, sarana dan prasarana wilayah di desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota.

Pembangunan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan nasional karena sangat terkait dengan upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gerakan pembangunan desa ditujukan untuk mendukung pelaksanaan UU Desa dan mengawal pencapaian target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024.

baca juga: Pendaftaran CPNS dan P3K Segera Dibuka, Pemkab Buteng Dapat 475 Kuota

“Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, merupakan poin ketiga dari Nawa Cita Presiden Jokowi,” ucap Samahuddin.(**)

Pin It on Pinterest