Bupati Buteng H Samahuddin SE, saat menyerahkan nota keuangan APBD Perubahan 2020

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin SE, menyerahkan nota keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Penyerahan nota keuangan tersebut berlangsung dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Buteng, Senin (28/09).

Bupati Buteng H Samahuddin SE, saat menyerahkan nota keuangan APBD Perubahan 2020
Bupati Buteng H Samahuddin SE, saat menyerahkan nota keuangan APBD Perubahan 2020

Dalam rapat tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, didampingi Wakil Walikota I dan Wakil Ketua, kemudian juga dihadiri Sekertariat Daerah (Buteng) H Kostantinus Bukide beserta beberapa Kepala OPD.

Pada kesempatan itu, Bupati Buteng H Samahuddin SE menyampaikan pengantar nota keuangan APBD perubahan tahun 2020. Dihadapkan dewan ia menyampaikan, penyusunan nota keuangan adalah untuk memberi penjelasan dan keterangan mengenai gambaran umum tentang kondisi umum keuangan daerah.

Baik itu menyangkut masalah pokok yang dihadapi kebijakan umum APBD, yang ditetapkan maupun pertimbangan-pertimbangan lainnya, yang menjadi dasar bagi lembaga-lembaga daerah dalam menyusun rencana kerja anggaran organisasi perangkat daerah dan dijabarkan lebih lanjut melalui penyediaan dana dalam APBD Tahun anggaran 2020.

Khususnya, penyusunan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020, Menteri Dalam Negeri menetapkan peraturan dengan nomor 33 tahun 2020, tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2020 sebagai pedoman dan petunjuk kepada pemerintah daerah untuk menyelesaikan dan mensinkronisasikan antara kebijakan-kebijakan pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah pusat, pembangunan pemerintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten untuk diakomodirkan dalam penyusunan APBD.

“Pandemi covid 19 saat ini masih sangat mempengaruhi perekonomian nasional, maupun di Buteng. Dimana, perkembangan penanganan atas dampak pandemi covid-19, sebagaimana telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2020, tentang percepatan penanganan corona di lingkup pemerintah daerah,” jelasnya.

Kemudian, kondisi yang sama juga terdapat pada pengalokasian anggaran bagi hasil provinsi, anggaran pendapatan dan belanja yang bersumber dari bantuan keuangan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2020, mengalami perubahan setelah ditetapkannya APBD Kabupaten Buteng.

Pendapatan daerah pada tahun 2020, diperkirakan setelah perubahan sebesar Rp 639 miliar lebih, yang terdiri dari pendapatan asli daerah tahun 2020 sebesar Rp 14 miliar lebih, dana perimbangan sebesar Rp 464 miliar lebih, lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 159 miliar lebih.

Selanjutnya, belanja daerah secara keseluruhan dalam perubahan untuk tahun anggaran 2020 sebesar Rp 680 miliar lebih, yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 303 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 377 miliar lebih.

Secara umum belanja tidak langsung mulai dari, belanja pegawai sebesar Rp 186 miliar lebih, belanja hibah sebesar Rp 5 miliar lebih, belanja bantuan keuangan kepada provinsi kabupaten kota dan pemerintah Pemerintah desa sebesar Rp 100 miliar lebih, belanja tidak terduga sebesar Rp 11 miliar.

“Untuk belanja langsung, belanja pegawai sebesar Rp 38 miliar lebih, belanja barang dan jasa sebesar Rp 145 miliar lebih, dan belanja modal sebesar 194 miliar lebih,” tutupnya. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest