Laporan: hengky TA

BUTON, BP-Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi meresmikan Gedung Baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan, Rabu pagi, 16 Februari 2022.
Peresmian fasilitas kesehatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si didampingi Kajari Ledrik V.M. Takaendengan, SH., MH.
Dalam sambutannya, orang nomor satu di Buton mewakili jajaran pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Buton mengucapkan terima kasih kepada pihak Kejaksaan Negeri Buton yang telah melakukan pendampingan hukum pada setiap kegiatan yang ada di Kabupaten Buton.


“Terima kasih Pak Kajari Buton atas pendampingannya sehingga tiap tahapan dapat terjamin. Bukan saja menjamin proses tahapan sehingga tidak berdampak korupsi, tetapi juga keberhasilannya. Karena dari situ diharapkan tidak ada kerugian keuangan negara. Itu merupakan bentuk pencegahan,” katanya.
Dikatakannya, dengan difungsikannya bangunan baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik, Pemda Buton akan meyakinkan kembali pemerintah pusat untuk penambahan gedung UPTD Puskesmas di wilayah lainnya di Kabupaten Buton.
Selain itu, Ketua Bapera Sultra juga mengatakan akan memberikan pendidikan lanjutan spesialis bagi anak anak daerah yang lulus di pendidikan kedokteran. Dengan perjanjian setelah selesai pendidikan kembali ke daerah.
“Bagi anak anak daerah yang lolos di kedokteran universitas negeri, kalau swasta harus akreditasi A. Kalau di negeri boleh B. Itu kita akan berikan beasiswa. Kita biayai SPP-nya dan tambahan lain-lain sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, ” tutur suami Delya Montolalu.
Di akhir sambutannya, 01 Buton berharap dengan peresmian gedung baru puskesmas, para nakes dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Lasalimu Selatan dan sekitarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Safarudin, SKM., M. Kes. dalam laporannya mengatakan pembangunan Puskesmas Lasalimu Selatan telah dikerjakan pada Tahun 2021 dengan anggaran mencapai 6,4 Milyar Rupiah. Pembangunan dilakukan karena adanya dukungan dan motivasi dari Bupati Buton
Dan pada Tahun 2022, lanjut Kadis, akan direncanakan kembali pembangunan gedung baru Puskesmas Siontapina. “Dimana tipe dan model sama seperti Gedung Puskesmas Lasalimu Selatan. Selama proses pengerjaan bangunan gedung baru Puskesmas dilakukan pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri Buton untuk mencegah masalah, baik masalah administrasi maupun masalah hukum.
“Dan alhamdulillah berkat pendampingan hukum tersebut pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan dapat berjalan sukses dan lancar tanpa adanya hambatan apapun”, ujar Kadis.
Mantan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Buton ini menambahkan pembangunan gedung Baru Puskesmas Lasalimu Selatan bertujuan untuk pemerataan serta peningkatan mutu sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas dan jaringannya untuk menunjang program pelayanan kesehatan masyarakat dan akreditasi puskesmas.
Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Buton, Ledrik V. M. Takaendengan, SH., MH., mengucapkan terima kasih kepada Bupati Buton karena telah mempercayakan Kejaksaan Negeri Buton dalam memberikan pendampingan hukum guna mengamankan semua proses kegiatan, sejak proyek mulai ditenderkan sampai dengan pelaksanaan, sehingga tidak akan muncul permasalahan hukum dikemudian hari.
Kajari berharap kerjasama yang sudah di bangun antara Kejaksaan Negeri Buton dengan Pemerintah Daerah dapat terus ditingkatkan, bukan saja pada bidang Kesehatan tetapi sampai ke perangkat desa. Karena Kejaksaan Negeri Buton memiliki beberapa program unggulan untuk desa yang bertujuan agar tidak ada lagi aparatur Kabupaten sampai tingkat desa yang akan berhadapan dengan hukum.

baca juga: Kapolsek Wolowa Mediasi Warga Yang Berseteru Karena Sengketa Lahan
Sebelum meresmian Gedung Baru Puskesmas, Bupati Buton juga melakukan penyerahan secara simbolis SK Kepala Tata Usaha UPTD Puskesmas kepada beberapa perwakilan Kepala Tata Usaha Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Buton.(**)