Laporan: Arianto A

BUTON, BP-Pemerintah Kabupaten Buton menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di wilayah Kab.Buton tahun 2021. Acara yang dibuka langsung Bupati Buton, Drs La Bakry MSi itu digelar di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Pasarwajo, Selasa, 06 Juli 2021.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Kasat intel Polres Buton mewakili Kapolres Buton, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Buton, Camat se-Kabupaten Buton.
Bupati Buton mengatakan pemilihan kepala desa merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi dan merupakan ajang kompetisi politik yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat.

Bupati Buton La Bakry buka Rakor pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Pasarwajo

Untuk itu Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Buton ini berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala desa bisa dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, bersifat rahasia, jujur, adil itu bisa menjadi ajang kompetisi untuk dapat menciptakan Kepala Desa yang memiliki integritas serta visi dalam membangun desa.

Ketua DPW Bapera Provinsi Sultra ini menegaskan pelaksanaan rapat koordinasi itu merupakan sebuah upaya dari pemerintah daerah untuk menyamakan presepsi hukum, terkait regulasi dan teknis pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan panitia pemilihan kepala desa ditingkat Desa .

Demi kelancaran acara pesta demokrasi itu Bupati Buton berharap agar panitia pemilihan kepala desa ditingkat desa dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Jika panitia menjalankan tugasnya sesuai aturan, tertib admistrasi, jadi resiko dan celah yang dapat menimbulkan sengketa tahapan dalam pemilihan kepala desa ini bisa dihindari,” katanya, sebagaimana dirilis Kominfo dan Persandian Buton.

baca juga: Kasus Covid19 Meningkat di Buton, Pemda Rekomendasikan Enam Poin Langka Sigap

Akhir kata, Bupati Buton menekankan agar dalam pelaksanaan tahapan pesta demokrasi pemilihan kepala desa itu agar selalu patuh dan taat pada protokol kesehatan. Hal ini dimaksud untuk mencegah terjadinya penyebaran dan menghindari munculnya cluster baru dalam penyebaran covid 19.(*)

Comments are closed.

Pin It on Pinterest