Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi mengungkapkan jika dirinya bersama Ilmiati Daud, selaku Wakil Bupati Wakatobi telah genap memasuki satu tahun memimpin Wakatobi.

Namun saat dilantik telah memasuki pertengahan tahun 2016. Sehingga evektifnya dalam melanjutkan roda pemerintahan dan menjawab janji-janji politik saat mencalonkan diri jadi Bupati Wakatobi terhitung nanti tahun 2017.

“Evektifnya kami bekerja bersama Ibu Ilmiati Daud dimana didukung penuh dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nanti tahun 2017,” ungkap Arhawi, saat membawakan sambutan pada acara Halal bi halal di Mesjid Raya Ambeua Kaledupa, Sabtu (1/7).

Terkaitan pernyataan sejumlah masyarakat yang melaksanakan aksi unjuk rasa di pulau Wangi-Wangi beberapa waktu lalu dimana menyebutkan bahwa satu tahun masa pemerintahannya diangap gagal. Arhawi mengatakan ada saat tertentu akan diumumkan.

“Kita berencana nanti pada peringatan HUT Wakatobi Desember nanti akan diumumkan progress satu tahun pembangunan sesuai janji-janji kami. Karena saat itu telah memasuki satu tahun kami bekerja evektif dan didukung penuh APBD,” kata Arhawi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD-PAN) Kabupaten Wakatobi itu menjelaskan jika saat ini program unggulan sesuai janji politiknya secara perlahan telah berjalan. Pasalnya, program-program itu harus diperkuat dengan regulasi.

“Program unggulan kami secara perlahan telah berjalan seperti Kesehatan Bersinar, Pendidikan Bersinar. Ada juga UMKM Bersinar sementara proses karena sedang persiapan regulasi,” ucap Arhawi.

Arhawi menambahkan ditahun pertama pemerintahannya pembangunan masih dititikberatkan di pusat ibu kota. Dengan demikian pulau-pulau diluar Wangi-Wangi sebagai pusat pemerintahan akan difokuskan tahun berikutnya.
“Tahun ini masih konsentrasi di ibu kota kabupaten, Insya Allah mulai tahun depan akan menyebar ke pulau-pulau lainnya,” tutup Bupati Wakatobi.(*)

Pin It on Pinterest