Peliput: Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUAGA,BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Dinas Sosial Busel mendapat bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI sebesar 1.1 miliar lebih.

Bantuan stimulan usaha ekonomi produktif melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang bersumber dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III Kementerian Sosial RI itu diberikan kepada 59 KUBE tersebar dibeberapa wilayah Busel serta penyalurannya melalui Bank BNI Baubau

F02.3B Kepala Dinas Sosial Busel, H La Ode Taatlan Foto Amirul/BaubauPost

Kepala Dinas Sosial H La Ode Taatlan mengatakan di Kecamatan Lapandewa ada tiga desa yang mendapat bantuan stimulan usaha ekonomi produkti itu yakni Desa Gaya Baru ada 21 KUBE, Desa Burangasi Rumbia sebanyak 14 KUBE, dan Desa Burangasi sebanyak 3 KUBE.

“Persatu Kelompok Usaha Bersama mendapat bantuan Rp 20 juta. Total 38 KUBE di Kecamatan Lapandewa sebesar Rp 760 juta,” kata Taatlan saat ditemui di ruang kerjanya, (12/6)

Lanjutnya, 21 KUBE di Kecamatan Kadatua tersebar di tiga desa yakni Desa Lipu sebanyak 9 KUBE, Desa Uwemasi sebanyak 8 KUBE, Desa Marawali sebanyak 4 KUBE, rencananya diberikan hari Selasa (16/6) dengan total anggaran Rp 420 juta.

Kata, Taatlan sebelum mendapatkan bantuan tersebut, masing-masing KUBE mengajukan proposal bantuan ke Dinas Sosial Busel yang kemudian diteruskan ke Kemensos RI. Proposal bantuan tersebut ada berbagai macam usulan usaha ekonomi , misalnya untuk usaha perbengkelan, pertanian, usaha kerajinan dan usaha nelayan.

Selain bantuan itu, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan bagi penyadang disabilitas berupa ternak ayam kepada 10 orang di Desa Bangun Kecamatan Sampolawa, sebanyak 130 ayam

“Masing-masing penyadang disabilitas mendapat 13 ayam,” katanya

Begitu pula di Desa Lapandewa Makmur, Dinsos juga telah menyalurkan bantuan satu pasang ternak kambing, masing-masing kepada lima orang penerima, atau lima pasang kambing, betina dan jantan

Kata Taatlan, bantuan-bantuan tersebut tidak serta merta diberikan begitu saja kemasyarakat, namun akan dikontrol dan diawasi pemanfaatannya oleh pihak pendamping dan pekerja suka rela kecamatan.

Tambahnya, ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat berkembang dengan baik, menopang ekonomi masyarakat hingga tercapai kesejahteraan ditengah-tengah masyarakat. (*)

Pin It on Pinterest