Maraknya kejahatan yang terus berkembang di Kota Baubau, menimbulkan kekhawatiran mendalam ditengah-tengah masyarakat. Kekhawatiran yang dirasakan masyarakat bukan tanpa alasan, melainkan kejahatan yang akhir-akhir ini terjadi, yang tak tebang pilih untuk ‘memangsa’ calon korbannya.

Dalam hal ini, tentu saja masyarakat merindukan masa-masa dimana ketentraman, kenyamanan, serta keamanan, dirasakan oleh semua pihak, baik itu masyarakat bawah, menengah, maupun atas, dalam artian semua kalangan.

Namun siapa sangka, kenyataan yang terjadi ‘dilapangan’ saat ini sangat jauh dari harapan dan jauh dari apa yang dirindukan masyarakat tentang rasa aman itu. Bagaimana tidak, untuk menciptakan itu semua, seolah daerah ini tak memiliki ‘power’ untuk mewujudkannya.

Jika sejenak kita melihat kebelakang, kita ketahui bersama sekitar beberapa bulan lalu, penjambretan, curanmor, pembusuran, dan lain sebagainya, marak terjadi di kota ini. Bahkan untuk diketahui, para pelaku seakan tak pikir dua kali tentang nasib para korban, dimana para pelaku tak segan-segan untuk melukai korbannya.

Yang bikin miris, kini masih hangat ditelinga masyarakat Kota Baubau tentang pembusuran yang kian merebak. Parahnya, kejahatan yang ‘simpel’ tapi berakibat buruk hingga kematian itu dilakukan oleh para remaja kita yang kebanyakan masih duduk di bangku SMP.

Hal ini tentu saja harus mendapat perhatian sangat khusus dan pencegahan sekeras mungkin dari semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat terbawah sekalipun, agar kejadian ini tidak terus terjadi, bagai pohon yang terus berbuah.

Namun jika terlepas dari itu semua, apakah pelakunya teridentifikasi maupun sudah tertangkap, masyarakat hanya menginginkan satu hal, yaitu merasakan kenyamanan dan keamanan dalam segala aktifias yang dilakukan sehari-hari.

Dan jangan disangkal, kepolisian bukan hanya berperan untuk mengungkap sebuah kasus kejahatan besar dan kecil ataupun menangkap seorang penjahat dan pelaku kriminal, namun kepolisiat sebagai pengayom masyarakat juga berperan untuk memberikan rasa aman yang wajib dirasakan oleh masyarakat.(*)