Plt Kepala Dispar Buton Rusdi Nudi

Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Berdasarkan hasil survey dan pemetaan para diver, wilayah Kabupaten Buton memiliki 33 spot wisata Diving, mulai dari Kecamatan Wabula hingga Kapontori.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton, Rusdin Nudi mengatakan, dari 33 spot Diving tersebut, dua yang paling sering dikunjungi para diver.

Plt Kepala Dispar Buton Rusdi Nudi
Plt Kepala Dispar Buton Rusdi Nudi

“Kita ini (Buton-red) ada 33 spot Diving dari Wabula sampai Kapontori. Itu hasil survey, dua titik yang sudah sering dikunjungi,” katanya.

Dua titik tersebut, sebut Rusdin, salah satunya berada di bawah Perusahaan Triko tepatnya di Desa Dongkala Kecamatan Pasarwajo. Spot tersebut sering disambangi para diver dari Wakatobi.

“Spot andalan kita itu di bawahnya Triko, itu spot Mandarin Fish, itu yang sering didatangi (diver-red) yang dari wakatobi itu,” jelasnya kepada Baubau Post saat itu.

Tiap tahunnya, berdasarkan catatan Dispar Buton, sedikitnya seratus lebih penyelam yang datang menjajaki spot Diving Kabupaten Buton. “Data kita itu, 317 penyelam yang datang tahun lalu itu,” tutup Rusdi.

Dispar Buton pun dalam waktu dekat ini akan mengadakan pelatihan Diving di Dive Center Pasarwajo. Outputnya, para peserta, setelah mengikuti pelatihan tersebut, akan dijadikan pemandu wisata Diving oleh Dispar Buton. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

PU PROVINSI SULTRA PERBAIKI SEMENTARA JEMBATAN DI DESA LA UKI, BUTUR PAKAI DANA PEMELIHARAAN

JEMBATAN PENGHUBUNG YANG RUSAK PARAH INI DIPERBAIKI SEKITAR BULAN MEI 2020. JEMBATAN INI MERUPAKAN SATU-SATUNYA JEMBATANG PENGHUBUNG TIGA DESA DI KABUPATEN BUTON UTARA UNTUK MENUJU IBUKOTA KABUPATEN. MESKI HANYA MENGGANTI KAYU-KAYU YANG LAPUK, TAPI MASYARAKAT BUTUR AMAT BERSYUKUR ATAS RESPON YANG DIBERIKAN OLEH PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest