Peliput : Amirul
Batauga,BP-Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani mendorong seluruh desa diwilayahnya agar mengembangkan potensi destinasi wisata, karena Buton Selatan (Busel) kaya akan keunikan destinasi wisata bahkan jauh berbeda dengan daerah lain.

Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani

Saat ini salah satu arah kebijakan pemerintah daerah mendorong seluruh desa agar inovatif dalam mengembangkan sektor destinasi wisata. Ia melihat masyarakat kota tentu jenuh akan runititas kesehariannya dan tentu membutuhkan lokasi wisata untuk berlibur dan melepas penat.
“Menangkap itu, sejumlah pendukung infrastruktur akses jalan ke lokasi destinasi wisata dibangun. Mulai pintu masuk dari Lawela, sampai Lapandewa banyak sekali destinasi wisata, ada Permandian Kabura-burana, Jembatan Lapoli, Bukit Lamando dan lainnya,” ucapnya.

Di ibukota, Laompo ada destinasi pantai Boti, masuk majapahit ada makam Gajah Mada, Lampanairi ada pantai jodoh, Desa Bola ada peninggalan Jepang, di Watiginanda ada kolam renang air tawar, di Desa Wawoangi ada masjid tua Wawoangi dan sebagainnya

Kata dia, itu baru Buton Selatan wilayah daratan, di wilayah kepulauan, mulai dari Kadatua, Siompu, Siompu Barat hingga Batuatas, jumlah destinasi cukup banyak.

“Saat ini, pemerintah Buton Selatan secara bertahap telah membangun infrastruktur pelabuhan veri, Batauga, Siompu dan Kadatua, jika pelabuhan telah rampung dan aktifitas operasi kapal veri telah memadai, maka destinasi wisata di wilayah kepulauan akan dijangkau oleh masyarakat daerah tetangga dan otomatis akan berdampak pada laju ekonomi daerah,” tuturnya.

Ia menambahkan, tugas seluruh elemen masyarakat baik wilayah daratan maupun kepulauan untuk mempertahankan keasrian dan kebersihan kenyamanan dan keamanan serta mempromosikan destinasi wisata sehingga roda perekonomian di desa semakin meningkat.

baca juga: Kepala KCD Dikbud Sultra Rayon Baubau-Busel Mastuti Bersyukur Tawuran Pelajar di Baubau dan Busel Cepat Tertangani
“Mari kita jaga bersama potensi wisata kita akan tetap asri, ciptakan kenyamanan dan kemanan untuk daerah kita,” tukasnya. (*)

Comments are closed.