Peliput: Darson

BURANGA – Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapatkan jatah 30 kapal tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Penyaluran bantuan kapal tersebut telah disalurkan kepada nelayan setempat yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan armada yang dialokasikan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2016 ini.
Kapal tangkap yang diberikan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Butur tersebut masing-masing mempunyai kapasitas yang berbeda, yakni kapasitas kapal 3 GT sebanyak 22 buah , 5 GT 7 buah dan 1 buah kapal dengan kapasitas 10 GT.
Pelaksana sementara (Plt) Kepala DKP Budianti Kadidaa mengatakan dengan adanya bantuan kapal tersebut kemampuan nelayan dalam menangkap ikan semakin besar dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah setempat.
“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan kapal tangkap ini, nelayan semakin terbantu untuk meningkatkan taraf ekonominya,” kata Budianti saat memberikan sambutan saat penyerahan bantuan kapal tangkap secara simbolis kepada nelayan oleh Bupati Buton Utara, Abu Hasan, kemarin.
Diungkapkannya, selain adanya bantuan kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Butur melalui anggaran dan pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2016 ini mengadakan 40 unit kapal dengan kapasitas 13 PK. Puluhan kapal ini digunakan untuk mengangkut budidaya rumput laut. Bukan hanya itu, DKP juga memberikan kepada para nelayan sebanyak 49 unit kantinting.
Sementara itu, Abu Hasan berharap kapal yang disalurkan itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan. Dengan adanya armada dengan kapasitas memadai akan mendorong meningkatnya hasil tangkap nelayan di daerah yang resmi menjadi otonomi baru 9 tahun silam itu.
“Saya berharap puluhan nelayan yang mendapatkan bantuan kapal tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendorong meningkatnya hasil tangkap ikan dari tahun-tahun sebelumnya,”harap orang nomor satu di Butur ini.(*)