Peliput : Kasrun Editor: Prasetio M

BURANGA, BP – Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapat program Bantuan Stimulun Perumahan Swadaya (BSPS) pada 2022 sebanyak 100 unit yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan. Bantuan tersebut di peruntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, guna mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana dan prasarana.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton Utara, La Madia mengatakan, banyuan 100 unit rumah yang diperoleh Kabupaten Butur dari kementerian akan dibagi di empat kecamatan yaitu Kecamatan Bonegunu, Kulisusu, Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara.

Kepala Dinas Perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten Buton Utara, La Madia S. Pd. M. Humasstpi saat diwawancarai Wartawan Baubau Post di ruang kerjanya

Dikatakan, untuk Kecamatan Bonegunu bantuan rumah tersebut ditepatkan diDesa Koepisino sebanyak 20 unit rumah. Kemudian untuk Kecamatan Kulisusu ditepatkan di dua desa, yakni Desa Jampaka sebanyak 20 unit dan Desa Linsowu 20 unit.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Kulisusu Utara, bantuan tersebut di tempatkan di Desa Torombia, sebanyak 20 unit rumah.

“Untuk Wakorumba Utara itu Desa Laeya, 20 unit juga,” kata La Madia, ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/04).

Ia mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi data, pasalnya nama-nama penerima program bantuan telah dikirim oleh pihak kementerian.

Lanjut, nama-nama yang memperoleh bantuan tersebut merupakan data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Butur yang diusulkan sejak 2021 lalu.

“Data dari sini tahun lalu dikirim ke pusat, itu SK Dirjen dia. Didanai dari APBN,” tambah La Madia.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan, jika Kecamatan Kambowa untuk 2022 ini belum mendapat bantuan perumahan tersebut, namun pihaknya tetap mengusulkan agar Kecamatan Kambowa mendapat bantuan perumahan dari kementerian minimal ditahun selanjutnya.

baca juga: Polres Butur Tangguhkan Penahanan Tersangka Dugaan Kasus Perjudian

Ia menambahkan, untuk tahun 2023 pihaknya sudah mengusulkan Kecamatan Kambowa untuk mendapatkan bantuan program BSPS dengan jumlah 20 unit rumah tiap desanya, terkecuali Kelurahan Kambowa. Hal itu dikarenakan kelurahan tersebut telah diusulkan di program bantuan perumahan di tingkat Provinsi sebanyak 100 unit rumah di tahun 2023.

“Minus Kelurahan Kambowa,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada program bantuan BSPS tahun ini, tiap rumah akan mendapatkan dana stimulus sebesar Rp.20 juta, dimana Rp 17.500.000 diporsikan untuk membeli bahan bangunan dan Rp 2.500.000 digunakan untuk biaya tukang. (*)