Peliput: Didik saputra

WAKATOBI, BP – Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) se Kecamatan
Kaledupa Selatan menggelar rapat pleno terbuka dan pengambilan nomor urut calon kepala Desa Sandi. Hal ini dilakukan sesuai dengan tahapan
Pilkades yang telah ditetapkan, salah satunya di Kecamatan Kaledupa
Selatan. Desa sandi merupakan satu-satunya desa yang mengikuti Pilkades secara serentak pada tanggal 13 November 2016.
Rapat pleno terbuka ini, dipimpin langsung oleh Jamaludin SR, Ketua
Pilkades desa sandi yang bertempat di sekertariat Pilkades Desa
Sandi yang di hadiri oleh seluruh ketua panitia Pilkades. Sebelum undian penarikan nomor urut dilaksanakan, ketua Panitia pilkades membacakan pengumuman penetapan dari bakal calon menjadi calon kepala desa.
“Kami sudah menjalankan beberapa tahapan pelaksanaan pilkades mulai
penyaringan balon, seleksi adminitrasi penetapan menjadi calon dan ini
hari pengundian nomor urut calon kades,” katanya.
Adapun calon kepala desa yang ditetapkan dan yang berhak mengikuti pemilihan kepala Desa Sandi periode 2017-2022, yaitu: Mutawakal (nomor urut 1), Pusnafir (nomor urut 2) , Ali Mancur (nomor urut 3). Setelah pencabutan nomor urut, dilanjutkan deklarasi dan penandatanganan pernyataan kesepakatan Pilkades damai.
Camat Kaledupa Selatan, Nasaruddin dalam sambutannya menyampaikan, gejala politik di Desa Sandi masih kondusif. Sehingga dia berharap, Pilkades berjalan lancar hingga penetapan pelantikan kepala desa.
“Sejauh ini belum ada gejola politik di Desa Sandi, dan koordinasi antar pemerintah desa dan lembaga desa juga berjalan dengan biasa-biasa saja. Semoga kondisi ini terus tetap berjalan sampai akhir pesta demokrasi tingkat desa,” pungkasnya.(#)