Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Sedikitnya ada 900 orang lebih penduduk Kota Baubau yang sudah mendaftarkan diri sejak tahun 2012, namun KTP-el nya belum diambi hingga sekarang. Menurut Kadis Capil Drs Sahirun hingga saat ini data kependudukan mereka masih terekam di pusat dan pihaknya akan segera melakukan pengecekan atas data yang 900 orang itu.

“Jadi kita mau mengecek kebenaran data itu di kelurahan-kelurahan apa mereka itu masih tinggal dan menetap di Kota Baubau. Karena blanko KTP-el bagi 900 orang itu sudah tersedia. Jadi mereka tinggal datang melaporkan diri di Dinas Catatan Sipil Kota Baubau,” jelas Sahirun, Selasa (22/11).

Sahirun mengungkapkan, untuk pelayanan KTP-el bagi 900 orang yang sudah terekam datanya di pusat itu, akan dilayani kapan saja tanpa batas waktu yang ditentukan, mengingat material KTP-el nya memang sudah tersedia.

“Ketika tahun 2012 kan mereka sudah melakukan perekaman di Kantor Kecamatan masing-masing. Sekarang ini, berkaitan dengan hal itu kami minta bila ada yang belum memiliki KTP-el sementara sudah melakukan perekaman maka bisa datang langsung ke Kantor Capil,” himbaunya.

Tujuan Kadis Capil mengungkapkan data ini agar orang-orang yang merasa sudah pernah merekam data kependudukannya sewaktu di Kantor Kecamatan tapi belum mendapatkan KTPnya agar bisa mengetahui dimana KTP-el itu diambil.

“Dan bagi kami sekaligus mengecek kebenaran data penduiduk yang 900 orang itu, apakah mereka masih tinggal di Baubau atau sudah pindah domisili,” tutupnya. (***)