Peliput: Ujang Barakati Editor: Zaman Adha

Ir Bahara P MSi

BAUBAU, BP – Dinas Pertanian (Distan) terus mengawal petani di Kota Baubau. Dalam hal pencegahan hama, Distan memperkuat koordinasi dengan kelompok petani.

“Ketika ada tanaman petani yang yang terserang hama, petani melapor ke ketua kelompok untuk diteruskan ke pihak kelurahan dan penyuluh agar langsung dilakukan survei untuk memastikan jenis hama yang menyerang tanaman petani, sehingga dapat meminimalisir serangan hama penyakit,” ungkap Kepala Distan Kota Baubau Ir Bahara P MSi beberapa waktu lalu.

Pihaknya berupaya mengadakan benih baru dengan membeli benih dari balai penelitian Sukamandi, kemudian dikembangkan untuk selanjutnya akan di alurkan kepada petani Kota Baubau. Namun tanaman padi masih menggunakan bibit lokal.

“Untuk bibit kami terus berupaya untuk menghadirkan bibit jagung dari pusat. Sementara bibit padi, masyarakat menggunakan bibit sendiri dan sudah setiap tahun begitu,” ujarnya.

Lanjut Bahara, dalam menghadapi musim hujan, petani di Kota Baubau sudah melakukan pembersihan lahan, khususnya bagi masyarakat yang bertani dengan menggunakan lahan kering.

“Bahkan sudah ada yang menanam jagung dan padi gogo, sementara untuk petani sawah penanaman diprediksi akan dilakukan januari 2018,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest