Bawaslu Provinsi Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Buton, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra pada 2018, di Salah satu hotel beberapa waktu lalu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Buton, Irfan dikonfirmasi Baubau Post mengatakan, untuk mencegah adanya pelanggran sehingga pihaknnya mendakan sosialisasi, agar menumbuhkan kesadaran yang ada dimasyarakat.

Banyak jenis pelanggaran yang ditemukan di masyarakat dan tidak bisa dihilangkan sampai sekarang ini, salah satunnya money politik, pemberian hadiah dalam bentuk uang. Sehingga ini harus dikurangi. Apa bila ditemukan melakukan pelanggaran, dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang, maka akan diproses secara hukum. “Akan diproses sesuai syarat formal dan syarat materil, karena kita jalankan sesui aturan,” tegasnya

Sebelumnnya, Panwaslu Kabupaten Buton telah melakukan kunjungan pada pemili pemula disetiap sekolah, yang berada dilingkup Kabupaten Buton. “Kunjungan pada pemili pemula disetiap disekolah kurang lebih dua minggu,” katanya

Lanjutnya, pihaknnya sangat antusias melakukan sosialisasi, sebab hal tersebut merupakan bentuk pelaksanaan upaya pencegahan pada semua yang berhubungan dengan pelanggaran. Dengan mencegah adanya pelanggaran, diharapkan peserta yang mengikuti ini agar memberikan informasi terhadap masyarakat sehingga bisa memahami aturan undang-undang pemilu.(*)

Pin It on Pinterest