Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Dengan adanya edaran Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), SMAN 3 Baubau, mengembalikan uang komite siswa yang telah terkumpul sebanyak kurang lebih Rp 50 juta, pada saat pengambilan Rapor, Sabtu (10/12).

Kepala Sekolah SMAN 3 Baubau, Dra Hasma Ramli M MPd, mengatakan sebelumnya telah melakukan rapat komite untuk mengembalikan uang yang telah dikumpulkan dengan pereorangnya sebesar Rp 330 ribu pertahunya. Uang yang terkumpul, sebelum pihaknya mengatahui komite masuk dalam pungli, dari pengumpulan uang komite itu, siswa ada yang baru membayar Rp 100 ribu, serta melunasi uang komite. Sehingga berjumlah kurang lebih Rp 50 juta.

“Kita khawatir dengan adanya pungli, sehingga kami mengundang orang tua siswa yang sudah membayar, pada saat pengabilam rapor sekaligus mengembalikan uangnnya,” jelasnya

Dalam aturan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), merupakan bantuan dari pemerintah ke masyrakat melalui komite. Namun dalam program disetiap sekolah masih ada yang belum di danai oleh dana BOS, seperti pembayaran Guru Tidak Tetap (GTT).

“Apabila mereka ada yang mau menyumbang, dibuatkan surat pernyataan dari setiap orang tua siswa, sehingga tidak ada yang komplen dari pihak orang tua maupun siswa, dan berapa besarnnya untuk menyumbang dari keikhlasan mereka, untuk membantu porgram-program yang ada di sekolah yang tidak bisa di danai dari dana BOS,” tutupnya.(*)