Pewarta: Amran

BAUBAU,BP– Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1314 tujuan Makassar-Baubau dikabarkan sempat memutuskan batal mendarat di Bandar Udara (Bandara) Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akibat cuaca buruk, Sabtu (4/6/2022).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pesawat Wing Air awalnya dijadwalkan mendarat pada pukul 16.00 WITA terpaksa memutuskan kembali ke Bandara Hasanuddin Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan karena cuaca buruk

“Pesawat berputar di atas Selat Siompu selama satu jam pada ketinggian 14 ribu kaki karena kesulitan mendarat,” Danang Mandala. Dia mengungkapkan pengalihan pendaratan tersebut demi keselamatan dan keamanan penerbangan dosebabkan kondisi Bandara Betoambari saat itu tidak memenuhi persyaratan melakukan pendaratan pesawat.

Menurut Danang, pengalihan alternatif pendaratan sudah tepat sebagaimana ada dalam standar operasional prosedur dengan tujuan mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Keputusan diambil setelah kondisi cuaca kurang baik yang tidak memenuhi kualifikasi atau persyaratan untuk operasional penerbangan baik lepas landas dan pendaratan,” lanjut Danang Kepada Baubau Post.

Setelah dinyatakan sitasi di Bandara Betoambari aman dengan jarak pandang memenuhi kualifikasi pendaratan, lanjutnya, pesawat kembali diterbangkan kembali menuju Bandara Betoambari Kota Baubau.

“Sesuai informasi yang saya terima, pesawat IW-1314 berangkat kembali dari Bandara Hasanuddin sekitar pukul 17.21 WITA dan tiba di Bandara Betoambari pada pukul 18.18 WITA.

Informasi yang dihimpun media ini, selain mengganggu aktivitas penerbangan, cuaca buruk di Baubau juga menyebabkan kerusakan fasilitas Bandara Betoambari, dimana atap ruang tunggu di bandara mengalami kebocoran. Selain itu, parkiran Bandara Betoambari juga tergenang air usai hujan deras mengguyur Kota Baubau.

baca juga: LA Center Diajak Bangun Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan di Kota Baubau

Dalam video yang beredar, terlihat air jatuh bersumber dari langit-langit bandara. Petugas bandara tampak panik dan menaruh wadah agar air tidak merembes ke seluruh ruangan.

Media ini belum mendapatkan keterangan resmi dari Kepala Bandara Betoambari terkait dengan situasi Bandara Betoambari yang mengalami kerusakan akibat cuaca buruk tersebut. (**)