Laporan: Amat Jr

KEANDARI, DURASITIMES.COM- Masa jabatan tiga Bupati di Wilayah Sulawesi Tenggara yaitu Bupati Buton Selatan, Bupati Buton Tengah, dan Bupati Muna Barat akan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022.

Tiga bupati yang dimaksud yaitu Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani, Bupati Buton Tengah H Samahuddin SE, dan Bupati Muna Barat Achmad Lamani

ilustrasi

Gubernur Sultra Ali Mazi sudah memastikan akan mengisi kekosongan jabatan bupati tersebut dengan menunjuk sosok yang dianggap layak dan memenuhi syarat untuk dilantik menjadi pejabat (Pj) bupati.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut Pemprov Sultra akan segera mengusulkan tiga nama ke mendagri agar disetujui menjabat Pj Bupati,” ucapnya.

Nama-nama yang dipersiapkan itu sesuai dengan keputusan Gubernur Ali Mazi untuk kemudian diajukan ke Mendagri guna diangkat menjadi Pj Bupati hingga tahun 2024.

baca juga: Tipikor Kendari Vonis Bebas Tiga Tersangka Kasus Korupsi Pasar Palabusa, JPU Lakukan Kasasi Terhadap Terdakwa ‘R” Sementara Terdakwa F dan AH Masih Pikir-pikir

Namun demikian nama-nama yang sebenarnya masih belum disebutkan oleh gubernur, rupanya sudah bocor dan beredar di publik. Mereka adalah pejabat tinggi pratama lingkup pemprov Sultra dan jabatan eselon dua di pemerintah kabupaten. Berikut nama-nama yang bocor dipublik:

01. Untuk Pj Bupati Muna Barat, nama-nama yang beredar yaitu

pertama, Dr. Harmin Ramba. Jabatan saat ini sebagai staf ahli bidang ekonomi, keuanga Sekretriat daerah provinsi Sulawesi Tenggra.

Kedua, La Ode Muhammad Nurjaya, saat ini menjabat Kadis PUPR Sultra

Ketiga, La Ode Muhammad Husein Tali, saat ini menjabat Sekda Muna Barat

02. Untuk Pj Kabupaten Buton Tengah, nama-nama yang beredar yaitu

pertama. Drs. La Ode Saifuddin, saat ini menjabat Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Kedua, La Ode Muhammad Ali Haswandy, saat ini menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sultra

Ketiga, H Kostantinus Bukide, yang saat ini menjabat Sekda Buton Tengah. (*)

03. Untuk Pj Bupati Buton Selatan, nama-nama yang beredar yaitu

pertama, Abdul Rahim, mantan Kadis SDA dan Bina Marga Sultra

Kedua, Dra Yuni Nurmalawati, saat ini menjabat Kapala Badan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Provinsi Sulawesi Tenggara

Ketiga, La Ode Budiman, saat ini menjabat Sekda Buton Selatan. (***)