Peliput: Alamsyah Pradipta Editor : Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Maraknya penambangan pasir di beberapa pantai di Busel mengakibatkan rawannya bencana. Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Busel secepatnya melakukan solusi dengan membangun talud penahan gelombang jika tidak maka akan berdampak kepada masyarakat.
Kepala Dinas PU Busel, Ir Sunaryo Mulyo MT melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Muhamad Arsyad kepada Baubau Post saat ditemui diruang kerjanya kemarin mengatakan, pihaknya sudah merancang pembangunan talud dibeberapa lokasi di pantai Busel.

“Kami akan fokus pembuatan ini karena talud akan menahan air laut yang akan naik dirumah warga, ini sudah bencana namanya darurat malahan makanya kami buatkan talud ini, karena kalau naik air sudah sampai didepan rumah warga air laut dia naik,”ungkapnya.

Muhamad Irsyad mengatakan bencana akan terjadi jika penambang pasir masih saja menambang di pantai-pantai di Busel.

“Kalau masi banyak yang menambang bebas pantai-pantai ini akan semakin dalam, sekarang penambang pasir suda mengalu di tengah laut jadi makin dalam sekali laut disana, dan sekarang penambang larinya suda sampai di permandian, sekarang banyak yang suda menambang disana,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah intasni terkait, sehingga masalah ini bisa teratasi dengan secepatnya.

“Karena ini sudah darurat makanya kita akan bekerja sama dengan bebebrapa pihak seperti bpbd untuk melihat seberapa besar dampak kerusakan dan dari segi bencana apa saja yang akan terjadi karena ini tidak boleh ada pembiaran, makanya kami akan bekerja sebaik mungkin,” tutupnya.(#)