Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Berdasarkan amanah dari pemerintah pusat, seluruh kabupaten kota dituntut memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR), Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan mengadakan alat itu di tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman
Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman

Kepala Dinas Kesehatan, Kasman saat konfirmasi beberapa awak media mengatakan, dengan adanya alat PCR maka akan mempercepat perolehan hasil swab deteksi virus covid-19. Dimana, sampel swab hingga saat ini masi dikirim ke Rumah Sakit Bahteramas Kendari, hehingga hasil dari sampel tersebut harus menunggu beberapa lama.

“Ini perinta dari pusat, jadi tahun 2021 kita akan adakan, sedangkan untuk berapa unit kita belum ketahaui, nnti dilihat kedepan,” jelasnya.

BACA JUGA: Buteng Masih Kekurangan Dokter, Pemkab Tawarkan Honor hinggga Rp 10 Juta

Lanjutnya, alat tersebut harganya cukup lumayan mahal, namun pemerintah akan tetap berupaya untuk mendatangkan alat itu untuk mengetahui sebaran dan meningkatkan upaya pencegahan covid-19.

Sedangkan, untuk kesiapan SDM pihaknya sudah memiliki analisis dan dasar ilmu sudah dimiliki, sehingga tinggal dikembangkan saja.

“Kita juga akan menyiapkan ruang laboratotium, jangan sampai alat yang sudah dipakai akan ditelantarkan begitu saja,” tutupnya.(*)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest