Laporan: Ardi Toris

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau terus memberikan penguatan terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Di antaranya ialah dengan memberikan dukungan dalam pemilihan ketua Forum UMKM/IKM Kota Baubau.
Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, S.Pd. saat ditemui di kediamannya pada Selasa (1/3/2022) mengatakan, pemilihan ketua Forum UMKM dan IKM Kota Baubau tersebut telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Februari 2022 di aula kantor Dekranasda Kota Baubau.


“Sebenarnya forum ini sudah terbentuk sejak beberapa tahun yang lalu, hanya mungkin karena terkendala dengan pandemi Covid-19 sehingga terkesan forum ini mati suri, karena tidak punya kegiatan sama sekali. Maka pada awal Tahun 2022 ini dibangkitkan kembali dengan pemilihan ketua baru,” ungkapnya.
Wa Ode Nursanti Monianse berharap, agar dengan terpilihnya ketua baru dari forum tersebut, perkembangan UMKM dan IKM di Kota Baubau lebih diperhatikan lagi. Dengan demikian, UMKM dan IKM di Kota Baubau dapat berkembang dengan baik, dengan pengelolaan yang lebih terarah dan terorganisir.
Ketua Dekranasda Kota Baubau ini juga berharap, agar dengan diaktifkannya kembali Forum tersebut, UMKM dan IKM dapat dipilah-pilah, atau dikelompokkan berdasarkan tingkat kematangannya. Baik UMKM dan IKM yang sudah matang, yang bersifat sedang, maupun UMKM dan IKM yang baru tumbuh atau baru start.
“Kita berharap agar UMKM dan IKM yang sudah matang ini, akan menjadi bapak angkat bagi UMKM dan IKM kita yang baru tumbuh. Dan saya percaya, jika kita gunakan model seperti ini, maka UMKM dan IKM kita akan tumbuh dan berkembang dengan cepat,” tuturnya.
Lebih lanjut Wa Ode Nursanti Monianse mengatakan, tujuan lain dari diaktifkannya kembali forum tersebut adalah, untuk mempermudah koordinasi antara UMKM dan IKM dengan pihak pemerintah, termasuk dengan Dekranasda sebagai organisasi nirlaba mitra pemerintah, dan juga sebagai pembina bagi UMKM dan IKM.
“Jadi koordinasi akan lebih muda, karena forum ini yang akan memfasilitasi para pelaku UMKM dan IKM kita dengan Dekranasda. Terutama ketika ada bantuan dari pemerintah, atau ada program kegiatan seperti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk kepentingan UMKM dan IKM kita ini,” imbuhnya.
Wa Ode Nursanti Monianse juga mengatakan, untuk mendukung dan mempromosikan produk UMKM dan IKM, Pemerintah Kota Baubau bersama Dekranasda telah mempersiapkan sebuah bangunan. Yang mana, bangunan tersebut akan menjadi Sentra promosi bagi semua jenis produk UMKM dan IKM yang ada di Kota Baubau.

baca juga: La Ode Ahmad Monianse Tutup Resmi POPDA 2022 Tingkat Kota Baubau
“Insya Allah bangunan ini akan sangat bermanfaat buat UMKM dan IKM kita, dan ini merupakan kabar baik untuk mereka, bahwa kita sekarang sudah punya Sentra promosi untuk semua jenis produk UMKM dan IKM kita. Mulai dari kuliner, hasil tenun, makanan kemasan, termasuk kuliner basah kita akan siapkan tempatnya nanti,” ucapnya
“Nanti pada prosesnya kita akan buat semacam buklet, untuk menyimpan alamat dari UMKM dan IKM yang produknya terpajang di situ. Tujuannya agar lebih memudahkan para konsumen ketika ada yang ingin membeli produk dengan jumlah yang besar, dan ingin mengambilnya langsung di tempat produksinya,” tutup Wa Ode Nursanti Monianse.(**)