Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Pemerintah Kota(Pemkot) Baubau bakal gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kota dan akan melibatkan peserta dari delapan kecamatan dilingkup pemerintahannya. Pelaksaan MTQ tersebut diselenggarakan dari tanggal 24 Febuari hingga 28 Febuari tahun 2022.

Didampingi unsur Forkopimda Kota Baubau, Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse melakukan pemukulan gong sebagai tanda MTQ XII Kota Baubau di buka secara resmi

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan MTQ XII yang dilaksanakan secara sederhana namun begitu khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19 yang masih ada hibgga saat ini.

” Disadari antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini cukup besar, namun dengan segala keterbatasaan situasi dan kondisi tidak memungkinkan, maka kita harus membatasi itu semua untuk kemaslahatan bersama,” ujar Monianse.

Dikatakan, tahun depan Kota Baubau dipercayakan untuk menggelar seleksi tilawatil quran dan hadist (STQH) tingkat Provinsi Sultra, sehingga dibutuhkan persiapan fisik dan sumber daya manusia yang mumpuni. Dirinya yakin untuk kesiapan fisik, Kota Baubau sudah siap menyelenggarakan event tersebut, namun untuk sukses prestasi masih butuh perjuangan.

” Namun demikian dengan keterlibatan lembaga keagamaan seperti Baznas, PHBI, dan masjid yang ikut mendanai khafilah MTQ kecamatan tahun ini adalah harapan besar untuk meraih kesuksesan prestasi nantinya,” ungkapnya.

Monianse yang juga menjabat sebagai ketua LPTQ Kota Baubau berharap, pada lomba MTQ XII ini, seluruh peserta lomba dari delapan kecamatan di Kota Baubau dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk memperoleh prestasi.

Sementara itu Ketua panitia penyelenggara, MZ Tamsir Tamim dalam laporannya mengatakan bahwa, jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti MTQ XII Kota Baubau berjumlah 127 orang yang berasal dari delapan kecamatan di Kota Baubau.

” Kecamatan Wolio 20 orang, Kecamatan Kokalukuna 12 orang, Kecamatan Batupoaro 20 orang, Kecamatan Murhum 20 orang, Kecamatan Betoambari 13 orang, Kecamatan Bungi 14 orang, Kecamatan Lea-lea 9 orang dan Kecamatan Sorawolio 17 orang,” bebernya.

baca juga: Seleksi Atlit Baubau Untuk Kejurda Sudah Masuk Tahap Tekhnikal Meeting

Kegiatan lokasi lomba akan dipusatkan di dua tempat yakni, seni baca al quran dan hafalan al quran akan diselenggarakan di Masjid Agung Kota Baubau dan untuk syahril quran akan ditempatkan di Bantea Umuri Bolu Rumah Jabatan Walikota Baubau. (*)