Peliput: Hengki TA — Editor: Ardi Toris

LABUNGKARI, BP – Desa Batubanawa, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) mendapatkan juara I dalam lomba Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yang digelar Polres Baubau. Desa Batubanawa, menjadi perwakilan sebagai kampung tangguh rajungan beriman.

Juara lomba KTN diumumkan pada puncak perayaan Hari Bhayangkara ke 74 di Mapolres Baubau, Rabu (01/07) kemarin. Untuk wilayah kepulauan, juara I Polsek Mastim dengan Kampung Tangguh Rajungan Beriman Batubanawa, juara II Polsek Lakudo Kampung Tangguh Mandongka, dan juara III Polsek Mawasangka dengan Kampung Tangguh Wasindoli

Kapolsek Mastim IPDA Musrifin saat menyerahkan hasil juara kepada Bupati Buteng H Samahuddin SE Foto Hengky TA–BaubauPost

Kapolsek Mastim, IPDA Musrifin saat dikonfirmasi mengatakan, kampung tangguh beriman, dengan icon rajungan karena penghasilan utamanya agar-agar dengan karamba, hingga budidaya maka di sebut Rajungan. Desa Batubanawa sudah terbentuk secara alami dan dibentuk, maka di angkat kampung tangguh sebagai binaan Polsek Mastim.

“Ini berkat kerjasama masyarakat yang masi memegang nilai-nilai kearifan lokal, sehingga menjadi Desa Batubanawa sebagai Desa tangguh dan mandiri,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk membangun kemandirian desa, ketangguhan warga di masa Pandemi virus corona atau covid-19 dan menjelang new normal kehidupan baru, pihaknya akan meningkatkan kemandirian dan ketangguhan masyarakat, bukan hanya sebagai mengikuti lomba dan kemudian di umumkan juara satu.

Diharapkan, ini akan terus berlanjut terkait kemandirian dan ketangguhan, dimana walaupun tidak berada di Desa seperti Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, masyarakat terus melakukan inovasi berkelanjutan.

“Walaupun tidak di edukatif protokol kesehatan, mengelola budidaya rajungan, ketahanan pangan, mereka masyarakat sudah mandiri sendiri,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest