Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Beberapa minggu terakhir Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir (OMN) Ilah Ladamay melakukukan job-fit untuk mengevaluasi kinerja serta menyeleksi eselon II seefektif mungkin, sehingga dalam menempatkan para kepala SKPD sesuai komptensi keilmuan dan latar belakang pendidikan yang dimiliki.

Ketua DPRD Buton Selatan La Usman Amsa turut memberikan apresiasi langkah Pj Bupati Buton Selatan yang melakukan job-fit pada tingkat eselon II tersebut, dengan pertimbangan yang disesuaikan dengan kompetensi kependidikan.

Sedangkan SKPD yang bukan teknis akan dibagi sesuai pemerataan keterwakilan wilayah, yang tetap pada kompetensi kependidikan.

“Terlait yang digagas Pj Bupati sudah sesuai peraturan yang berlaku dengan melakukan job fit pada eselen II, dan itu sangat bagus. Tentu kita akan melihat kompotensi orang-orang yang disimpan, kami di DPRD mengapresiasi sangat tinggi gagasan yang dibuat oleh Bupati,” tutur La Usman Amsa saat temui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, terkait SKPD yang bukan teknis, Pj Bupati Buton prokatif melakukan konsultasi dengan DPRD Busel agar SKPD bukan teknis itu diisi oleh perwakilan masing-masing wilayah sehingga terjadi pemerataan, namun tetap pada kompetensi pendidikannya.

“Kami tidak mengintervensi bupati untuk memilih ini atau itu, yang kami sering konsultasikan itu memberikan pertimbangan-pertimbangan pemerataan perwakilan wilayah di Busel, sehingga kedepan roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik, namun DPRD sepakat mengedepankan kompentensi keilmuan dan pendidikan,” pungkasnya

Selain itu kata Usman Amsa, Pj Bupati Buton Selatan akan menyampaikan hasil dari job-fit tersebut ke DPRD Busel secara terbuka. Sejauh ini DPRD dan Pj Bupati Buton Selatan terus menjalin komunikasi, bahkan sebelum melakukan job-fit, Pj Bupati Busel telah membangun komunikasi dengan baik.

“Saya kira langkah-langkah Pj Bupati Busel ini dalam membangun roda pemerintahan di Busel akan berdampak baik, begitu juga kepada pelayanan masyarakat tentunya. Kami di DPRD sangat mengapresiasi kinerja Pj Bupati Busel, saya harap ini akan menjadi acuan bagi pemerintahan selanjutnya,” tandasnya.(*)