Sejumlah bantuan DID berupa gerobak dan etalase yang siap disalurkan untuk UKM Kota Baubau

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Bantuan UKM Kota Baubau dari Dana Insentif Daerah (DID) Rp 2,4 miliar akan segera disalurkan. Bantuan ini untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Sejumlah bantuan DID berupa gerobak dan etalase yang siap disalurkan untuk UKM Kota Baubau
Sejumlah bantuan DID berupa gerobak dan etalase yang siap disalurkan untuk UKM Kota Baubau

Plt Kadis Koperasi dan UKM Kota Baubau, Muhammad Salman mengatakan, penyerahan bantuan UKM menunggu kesiapan Wali Kota Baubau.

“Saya menghadap kemarin, pak Wali Kota masih di Kendari. Selesai penyerahan secara simbolis, lalu kita tindaklanjuti yang lainnya,” katanya.

Pihaknya menyebut, jika penyerahan bantuan agak terlambat. Terdapat beberapa proses yang dilalui sebelum bantuan diserahkan.

“Karena ada proses pengadaannya, kemudian lelang, karena sudah selesai semua baru kita lakukan penyerahan,” sebutnya.

Bantuan ini kata Salman, akan menyasar sekitar 600 unit UKM di Kota Baubau. Terdapat beberapa item bantuan yang akan diserahkan, tidak berbentuk dana segar.

“Bantuan ini bervariasi, ada etalase, gerobag, mesin alat pengering, mixer roti, dan lainnya. Yang jelas semuanya kita bagi habis untuk UKM,” jelasnya.

Selain UKM, DID juga diperuntukkan bagi sekitar 39 koperasi aktif. Bantuan tersebut berupa laptop dan printer.

“Kita berikan reward, agar lebih baik dalam menjalankan koperasi. Termasuk juga diberikan tenda dan kursi,” paparnya.

Pihaknya berharap, bantuan ini dapat meningkatkan ekonomi, khususnya pendapatan UKM di masa pandemi.

baca juga: Disdukcapil Baubau Genjot Kepemilikan Akta Kependudukan

Salman menambahkan, setelah memberi bantuan pihaknya akan melakukan monitoring terkait efektivitas bantuan. Dengan harapan, bantuan ini tepat sasaran sesuai tujuannya.

“Minimal dari situ kita bisa tahu, bahwa dengan bantuan itu ada peningkatan. Kalau tidak ada peningkatan, berarti mindsetnya harus dirubah,” imbuhnya. (**)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest