Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Dinas Pariwisata Mubar akan melakukan perombakan dalam membangun objek wisata yang ada di Kabupaten Mubar, seperti objek wisata Pulau Indo, Permandian Wakante, serta Benteng Tiworo.

Kepala Dinas Pariwisata Mubar, Drs Abdul Nasir Kola MSi mengungkapkan, Dinas Pariwisata melakukan renovasi serta pembangunan sarana dan prasarana dua objek wisata, yakni Wisata Pulau Indo dan Permandian Wakante pada tahun 2017 dengan menggunakan anggaran DAU dan DAK.

“Sarana dan prasarana yang akan dibangun seperti penyediaan speed boat, dermaga serta sarana lain di Pulau Indo, dan melakukan perluasan dan pembangunan sarana baru di permandian Wakante,” katanya.

Selanjutnya pada tahun 2019, Dinas Pariwisata akan melakukan pembangunan di Benteng Tiworo, dengan mengadakan beberapa rumah adat beberapa suku di Indonesia, seperti Muna, Jawa, Bugis, Tolaki, Bali dan Baco. Selain itu, juga akan dibangun museum sejarah, agar masyarakat Mubar bisa mengetahui struktur rumah adat dan tahu akan sejarah dan benda-benda sejarah Muna Barat.

“Sesuai dengan Visi dan Misi Dinas Pariwisata yakni Menjadikan Mubar sebagai Objek Wisata Nasional 2020, maka kami akan melakukan pembangunan Wisata Bahari Seperti Pulau Indo, Pulau Kaju Angin, Palau Gala Kecil, dan Pulau Rangku yang akan menjadi Resort karena pulaunya yang kecil, indah dan memiliki pasir putih yang cantik. Semuanya akan kami tata agar Objek Wisata Mubar menjadi perhatian turis lokal hingga Turis Mancanegara untuk berwisata dan berkunjung di Mubar,” tutupnya. (#)