Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Memasuki tahun 2017, Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, akan memprogramkan pembangunan dua Unit Sekolah Baru (USB) tingkat SMP dan SD di Kabupaten Buton.

Demikian diungkapkan Seketaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, La Ode Fasikin ketika ditemui Baubau Post di ruang kerjanya Selasa (24/01/2017), Dijelaskan, Pembangunan sekolah Satu atap (Satap) SMP di Lasalimu Pantai dan Satap SMP Wondowolio dikecamatan Kapuntori, dikarenaan anak-anak terlalu jauh untuk menjangkau pendidikan.

Lanjutnya, SD pada umumnya sudah terpenuhi, akan tetapi ada salah satu Desa Rorokiro diwilayah Kecamatan Lasalimu, para anak-anak jauh mendapatkan akses pendidikan sehingga pihaknya juga memprogramkan untuk pembangunan USB SD.

“Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan pendidikan pada masyarakat sehingga angka putus sekolah bisa di minimalisir, Sebab anak- anak putus sekolah karena jaraknya cukup jauh sehingga membutuhkan biaya yang begitu tinggi,” ucapnya

Selain itu, pada tahun 2016 pihaknya mendapatkan bantuan dari pemeirntah Pusat untuk pemmbangun tiga USB tingkat SMA, yakni SMA 2 Lasalimu, SMA 2 Wabula dan SMA 4 Pasarwajo. Sedangkan dua USB satap untuk tingakat SMP Wakokili dan Tuangila Kecamatan kapuntori.

“Khusus Satap SMP Wakokili Kecamatan Pasarwajo dan Satap Tuangila Kecamatan Kapuntori, mendapatkan bantuan pembangunan USB dari Negara Australia yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” tuturnya

Perlu untuk diketahui, jumlah sarana dan prasarana pendidikan tingkat SMP sebanyak 46 dan SDsebanyak 115 khususnya wilayah Kabupaten Buton. Sementara untuk tingkat SMA/SMK sarana dan prasarananya sudah diserahkan di Provinsi Sulawesi tenggara.(*)

Pin It on Pinterest