Kadis Pertanian Kota Baubau Muhammad Rais M

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Usulan bantuan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) oleh pemerintah Kota Baubau mendapat respon baik oleh pihak Kementerian Pertanian RI. Hal itu ditunjukan melalui pemberian mesin panen satu unit dan tarktor dua unit dengan ukuran yang cukup besar. Sementara untuk permintaan bantuan 10 unit tarktor rotari untuk petani padi sawah, 6 unit traktor kultivator untuk sayur-sayuran serta 5 unit pompa air pihaknya tengah menunggu.

Kadis Pertanian Kota Baubau Muhammad Rais M
Kadis Pertanian Kota Baubau Muhammad Rais M

Hal ini di ungkapkan oleh Kadis Pertanian Kota Baubau Muhammad Rais M, saat di temui awak media Rabu (30/09).

” Ini yang pompa air, traktor rotari dengan traktor kultivator, insya allah mudah-mudahan bisa karena setelah tender bisanya ( penyerahan bantuannya-red),” kata Muhammad Rais M.

Dikatakan, untuk Alsitan berupa mesin panen dan traktor dapat digunaakan untuk musim panen dan tanam tahun ini. Untuk optimalisasi bantuan Alsitan yang ada di Kota Baubau akan di kelolah oleh Brigade Alsitan di bawah pengawasan Dinas Pertanian Kota Baubau.

” Kita buat satu group itu, group yang menangani semua alat-alat itu. Jadi alat-alat sekarang belum diserahkan kekelompok tani, kenapa ?.Karena kalau diserahkan ke kelompok tani, berati kelompok itu yang miliki dan tidak mungkin di pinjamkan ke kelompok lain, sementara alatnya terbatas makanya semua alat-alat itu sesuai dengan petunjuk kementerian kita brigadekan, jadi ditampung di satu tempat dan kalau dibutuhkan tinggal lapor untuk di pinjamkan kemereka,” jelasnya.

Lanjut kata dia, untuk alat yang akan digunakan oleh para kelompok tani akan dikenakan biaya operasional untuk perawatan alat, biaya operator dan lain-lain. Namun untuk besarannya pihaknya belum mengetahui, dikarenakan untuk penentuan biaya opersional pihaknya bakal bersama-sama melakukan rapat dengan para kelompok tani.

Ia menambahkan, jika beberapa waktu lalu ada bantuan alat panen dari pengusaha di luar Baubau yang beroperasi dan mengenakan biaya kepada para petani, sehingga ia berharap dengan adanya bantuan alat panen ini, petani Baubau akan semakin terbantu.

” Iya pasti untuk ongkosnya itu tidak akan sama (rendah -red) dari yang umum itu, dan pasti kita akan musyawarahkan dengan para petani,” tutupnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest