Peliput: Ujang Barakati Editor: Zaman Adha

Amrin Taone

BAUBAU, BP – Kota Baubau dinyatakan bebas penyakit Difteri hingga awal tahun ini. Di Indonesia penyakit ini telah memakan puluhan korban jiwa di 20 provinsi.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Amrin Taone saat ditemui Senin (15/01) mengungkapkan, belum ada laporan dari rumah sakit umum maupun puskesmas bahwa ada masyarakat yang terkena penyakit Difteri.

“Kami belum terima laporan baik dari RSUD Kota Baubau, rumah sakit swasta maupun 17 Puskesmas yang tersebar di Kota Baubau,” ungkapnya.

Meski begitu, Amrin mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Selain untuk mencegah penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium Diptheriae ini, juga untuk mencegah penyakit lainnya.

“Berbagai macam penyakit itu yang pertama kita jaga itu kebersihan lingkungan, apalagi di musim hujan seperti ini, ketika bersih lingkungan kita Inshaallah kita menuju pada hidup sehat,” tuturnya.

Amrin menambahkan, hingga saat ini pemerintah pusat telah membentuk, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) disemua wilayah kerja termasuk Puskesmas. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai macam penyakit. (#)

Pin It on Pinterest