BAUBAU, BP- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Wahyu mengungkapkan jumlah tenaga dokter (dr) di unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) masih sangat kurang.

Tercatat, jumlah dokter aktif yang tersebar di 17 Puskesmas se-Kota Baubau sebanyak 30 orang, sementara jumlah ideal yang dibutuhkan minimal 34 orang.

Berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, setiap Puskesmas wajib memiliki tenaga dokter paling sedikit dua orang, untuk dokter umum dan dokter gigi. Kendati demikian, hingga saat ini masih ada Puskesmas di Kota Baubau yang hanya memiliki satu orang tenaga dokter yaitu Puskesmas Sulaa.

” Kalau mau dibilang kurang yah memang masih kurang karena berdasarkan peraturan Menteri itu harus ada tiga atau dua dokter untuk satu Puskesmas. Jumlah dokter secara keseluruhan itu ada 30 lebih, jadi kalau di rata-rata dua totalnya semuah 34 orang atau mungkin lebih dari 34 orang,” terang Wahyu saat dikonfirmasi awak media beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, pihak Dinkes Baubau telah mengusulkan penambahan tenaga dokter melalui program Nusantara Sehat, guna memperkuat layanan kesehatan primer melalui penempatan tim kesehatan di daerah.

Tidak hanya itu, pihaknya juga masih menunggu hasil formasi penerimaan CPNS mendatang, guna mengoptimalkan distribusi tenaga dokter secara optimal di seluruh Puskesmas Kota Baubau.

” Untuk CPNS mendatang sudah mengusulkan juga berapa disetujuinya kita belum tahu, kemudian kita juga mengusulkan nusantara sehat itu yang terdiri dari berbagai tenaga, termasuk salah satunya kita usul juga dokter,” pungkasnya. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest