Peliput: Arianto W

BUTON, BP- Bupati Buton Drs La Bakry MSi menghadiri acara pesta adat di Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu pada Sabtu malam (16/10).

Dalam tradisi tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Buton ini dikukuhkan sebagai Tokoh Adat Kadiena Lawele, ditandai dengan penyematan Kampurui berwarna hitam-kuning.

Bupati Buton La Bakry Nampak Mengenakan Kampurui Berwarna Hitam Kuning saat Membawakan Sambutannya dalam Acara Lesta Adat Lawele.

“Malam ini saya merasa bangga dan berterimakasih atas pengukuhan ini. Semoga kita semua selalu diberi nikmat kesehatan, hingga pada tahun-tahun yang akan datang masih akan tetap bertemu walaupun dalam suasana yang berbeda,” ungkap La Bakry.

Melalui momentum besar itu, dimana acara pesta adat diselenggarakan di tiga desa yakni Lawele, Benteng dan Nambo, La Bakry mengungkapkan rasa bahagia serta memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan pesta adat yang menjadi wujud syukur masyarakat atas limpahan rezki oleh Allah SWT.

“Rasa aman dan damai ini adalah yang paling mahal harganya. Alhamdulillah kita rasakan pada kesempatan ini di tiga desa menikmati suasana damai,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, La Bakry berharap agar di tengah merebaknya pandemi Covid19, seluruh masyarakat tetap optimis memelihara serta menjaga kedamaian dan ketentraman dalam melakukan aktivitas sosial.

“Sudah dua tahun kita mengadakan pesta panen dalam pandemi Covid19. Namun hari ini kita bersyukur karena seperti termaktub dalam Instruksi Mendagri No 48 Tahun 2021, Kabupaten Buton masuk dalam level I. Tentu saja ini berkat hasil kerja keras kita semua. Karena semua element masyarakat bekerja, bersinergi dan berikhtiar agar keluar dari pandemi ini,” tuturnya.

Tak ayal, La Bakry juga meminta doa atas rencana Daerah Laguna (Lawele, Laguntunturu, Nambo) yang akan menjadi KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus.

bca juga: Viral di Medsos Video Penangkapan Pria Diduga Ingin Bakar Mobil di SPBU Pasarwajo

Untuk diketahui, kawasan ini nantinya bakal mendorong perkembangan dan pertumbuhan daerah yang akan menjadi Kawasan Bisnis dan Budaya ke depan. (*)

One thought on “Dinobatkan sebagai Tokoh Adat Kadiena Lawele, La Bakry Ajak Masyarakat Jaga Kondisi Damai dan Tentram”

Comments are closed.