Kadis Capil Kota Baubau Arif Basari

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau menggenjot cakupan akta. Baik itu akta lahir, maupun akta kematian.

Kadis Capil Baubau, Arif Basari mengatakan, kepemilikan akta kependudukan sangat penting, sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Kadis Capil Kota Baubau Arif Basari
Kadis Capil Kota Baubau Arif Basari

“Pemenuhan beberapa akta, baik akta lahir, akta kematian, termasuk akta kelahiran usia di atas 18 tahun, ini yang kita genjot,” kata Arif.

Menurut hasil pemantauan Disdukcapil Baubau, masih banyak masyarakat yang belum memiliki akta kependudukan, khususnya akta kematian. Ahli waris belum mau melaporkan anggota keluarganya yang sudah meninggal.

“Ketika tidak pernah dilaporkan, maka di sistem tetap dihitung masih hidup,” ungkapnya.

Hal ini berdampak orang yang sudah meninggal dunia tetap masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu.

Tidak kalah penting juga kata Arif, mengenai kepemilikan akta kelahiran. Hal ini penting agar status anak menjadi jelas dan menyangkut hak waris di kemudian hari.

“Masyarakat kadang masih mengabaikan itu, makanya kami sangat berharap kepada masyarakat, untuk mengurus dokumen kependudukanya di Disdukcapil,” pintanya.

baca juga: Pemkot Baubau Siapkan SDM untuk Mobile PCR

Selain akta, pihaknya juga menggenjot cakupan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Dokumen ini juga penting sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Alhamdulillah sudah ada kenaikan hampir 70 persen,” sebutnya. (**)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest